DPR Kirim Delegasi Pertemuan Regional dan Internasional

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
DPR Kirim Delegasi Pertemuan Regional dan Internasional
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat pidato Pembukaan Masa Sidang IV pada Rapat Paripurna. (Dok : DPR).

Pengiriman delegasi untuk menujukkan bahwa diplomasi parlemen tetap berjalan.

Suara.com - DPR akan mengirim delegasi ke pertemuan regional maupun internasional pada sisa masa kerja tahun 2019. Setidaknya ada dua pertemuan penting yang harus dihadiri, yaitu parlemen negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Inter-Parliamentary Union (IPU).

Dalam pidato Pembukaan Masa Sidang IV pada Rapat Paripurna, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/3/2019), Ketua DPR, Bambang Soesatyo mengungkapkan, dua pertemuan penting itu adalah Sidang Organisasi Parlemen Negara-Negara OKI atau PUIC (Parliamentary Union of OIC Member States) ke-14 di Maroko, pada 11-14 Maret 2019.

“Dalam setiap masa persidangan, DPR terus berupaya meningkatkan peran diplomasi parlemen guna memberikan sumbangan yang berarti bagi peningkatan diplomasi Indonesia di dunia internasional,” ucap Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR, dalam pidatonya. Pertemuan lainnya adalah Sidang Organisasi Persatuan Antar-Parlemen (IPU).

Pertemuan terakhir itu digelar pada 6-10 April 2019 di Qatar. Agendanya, sambung Bamsoet, meliputi sesi governing council, debat umum, dan sejumlah pertemuan komite serta pertemuan geopolitik lainnya. Pengiriman delegasi tersebut untuk menujukkan kepada publik bahwa diplomasi parlemen tetap berjalan dan sangat strategis bagi kepentingan nasional Indonesia. 

Baca Juga: DPR RI Gelar Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang IV


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI