alexametrics

Ketua DPR : Putri Indonesia Jangan Cuma Andalkan Kecantikan Fisik

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Ketua DPR, Bambang Soesatyo saat menjadi  juri babak penyisihan finalis Puteri Indonesia 2019, di Jakarta, Selasa (5/3/2019). (Dok : DPR).
Ketua DPR, Bambang Soesatyo saat menjadi juri babak penyisihan finalis Puteri Indonesia 2019, di Jakarta, Selasa (5/3/2019). (Dok : DPR).

Bamsoet ikut mewawancarai 39 finalis Puteri Indonesia 2019.

Suara.com - Ketua DPR, Bambang Soesatyo minta para finalis ajang Puteri Indonesia 2019 tidak hanya mengandalkan kecantikan fisik semata, tapi harus mampu membuktikan memiliki tingkat intelegensi yang tinggi, kesantunan perilaku, serta rasa nasionalisme yang kuat.

"Mengambil tema 'Satu Indonesia', Puteri Indonesia 2019 membawa pesan kuat bahwa kecantikan Indonesia terletak dari persatuan dan kesatuan bangsa. Senyum yang tersungging dari bibir mereka menggambarkan betapa indahnya jika bangsa Indonesia bersatu padu dalam perdamaian. Tak saling hujat, caci maki, atau menjatuhkan, seperti yang saat ini banyak kita lihat di media sosial," ujar Bamsoet, usai menjadi juri babak penyisihan finalis Puteri Indonesia 2019, di Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Bamsoet pun mewawancarai 39 finalis Puteri Indonesia 2019. Dalam sesi wawancara tersebut, ia tak hanya menggali sejauh mana ilmu pengetahuan yang dimiliki para finalis, namun juga menggali seberapa kuat rasa solidaritas kebangsaan mereka.

Ini penting, karena kelak para finalis akan menjadi teladan di masyarakat, khususnya di kalangan kaum perempuan. 

Baca Juga: Baleg DPR: Penyelesaian RUU Butuh Political Will Pemerintah

"Walaupun di malam grand final nanti hanya akan terpilih satu orang yang mengenakan mahkota Puteri Indonesia, namun ke-39 finalis dari 34 provinsi di Indonesia ini sudah menjadi pemenang bagi masing-masing daerah yang diwakilinya. Perjalanan jauh yang sudah mereka tempuh sejak dikarantina sampai dengan acara puncak grand final nanti, membuktikan bahwa mereka adalah wanita Indonesia yang luar biasa," tutur Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini mengaku kagum menyaksikan ke-39 para finalis Puteri Indonesia menjawab berbagai pertanyaan dari dewan juri. Menurutnya, dari merekalah masyarakat Indonesia bisa mengetahui tentang keanekaragaman seni, budaya dan berbagai potensi yang ada di berbagai daerah Indonesia.

"Para finalis punya pengetahuan yang mendalam tentang daerahnya masing-masing. Mereka menjelaskan dengan rinci berbagai hal di masing-masing daerahnya. Para finalis membawa pesan bahwa daerah di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke sangat indah," tandas Bamsoet.  

Ia berpesan kepada para finalis agar bisa memanfaatkan ajang Puteri Indonesia sebagai tempat menggali bakat, kepribadian, dan berbagai potensi yang mereka miliki, sehingga bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik. 

"Jangan sia-siakan kesempatan yang mungkin tidak datang dua kali dalam hidup. Jadilah inspirasi, bukan hanya bagi wanita Indonesia, namun juga bagi wanita di dunia. Buktikan bahwa wanita Indonesia tak hanya pandai berlenggak-lenggok di atas panggung, namun juga pandai membuat dunia tersenyum," pungkas Bamsoet.

Baca Juga: Komisi VIII DPR Minta Peningkatan Upaya Mitigasi Bencana


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI