DPR Minta KPU Segera Penuhi Kekurangan Logistik Pemilu

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
DPR Minta KPU Segera Penuhi Kekurangan Logistik Pemilu
Anggota Komisi II DPR RI Evi Fatimah saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI dalam rangka pengawasan Pemilu 2019 di Purwakarta. (Dok : DPR).

KPU sebaiknya juga memastikan keberadaan sound systemdan generator listrik.

Suara.com - Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 kurang 20 hari lagi, namun masih banyak kebutuhan logistik Pemilu yang masih belum dipenuhi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), termasuk di Kabupaten Purwakarta. Anggota Komisi II DPR, Evi Fatimah menekankan agar KPU segera memenuhi kekurangan logistik tersebut agar segera terdistribusi tepat waktu.

“Saya akan terus mendorong KPU untuk segera memenuhi kekurangan-kekurangan, seperti bilik suara dan lain-lain, termasuk belum diterimanya tinta, segel, form C1 plano dan C1 hologram," kata Evi, saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI dalam rangka pengawasan Pemilu 2019 di Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (27/3/2019).

Selain itu, Evi juga memberikan beberapa catatan terkait ketersediaan perangkat sound system dan generator listrik. Menurutnya, KPU Purwakarta juga harus memastikan kedua peralatan tersebut tersedia dan berfungsi dengan baik.

Output dari pengeras suara harus terdengar dengan jelas, terutama saat penghitungan suara. Bukan tidak mungkin bila suara saat penghitungan tidak jelas, bisa menimbulkan kekacauan.

Baca Juga: BK DPR Menguji Konsep Rancangan Undang-undang Guru

Legislator Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga mengapresiasi kinerja KPU Purwakarta yang mengantisipasi permasalahan terkait persiapan Pemilu. KPU Purwakarta dengan cepat selalu melaporkan bila ada permasalahan, termasuk soal logistik Pemilu dan selalu melakukan koordinasi aktif dengan pihak-pihak lain, seperti Bawaslu, TNI, Polri, pemda, dan PT. Pos Indonesia dalam memetakan daerah rawan serta mendistribusikan logistik.

“Beberapa permasalahan sudah diantisipasi oleh KPU Purwakarta. Mudah-mudahan persiapan Kabupaten Purwakarta terkait Pemilu serentak ini, betul-betul berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama di rapat-rapat di Komisi II," pungkas legislator dapil Jawa Barat VII itu.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI