Humas DPR Raih Penghargaan Bronze pada Ajang PRIA 2019

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Humas DPR Raih Penghargaan Bronze pada Ajang PRIA 2019
Kepala Bagian Humas DPR RI Minarni meraih penghargaan Bronze Award untuk Kategori Government PR dari ajang Public Relation Indonesia Award (PRIA) 2019 (Dok : DPR).

Humas Setjen dan BK DPR mencoba mengedukasi masyarakat tentang parlemen.

Suara.com - Bagian Hubungan Masyarakat (Humas), Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR, untuk kedua kalinya meraih penghargaan Bronze Award untuk Kategori Government PR dari ajang Public Relation Indonesia Award (PRIA) 2019.

Kepala Bagian Humas DPR, Minarni mengatakan, Bronze Award ini menjadi bentuk apresiasi dari pihak eksternal, sekaligus menjadi sebuah prestasi atas kinerja Humas Setjen dan BK DPR.

Usai menerima penghargaan PRIA 2019, di Bandung, Jawa Barat baru-baru ini, Minarni menjelaskan, dalam ajang PRIA 2019 ini Humas Setjen dan BK DPR mencoba mengedukasi masyarakat tentang parlemen, melalui tema “Literasi Untuk Demokrasi”.

Dengan kata lain, edukasi parlemen ini menjadi salah satu program Humas Setjen dan BK DPR untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat sejak usia dini melalui metode fun learning.

Baca Juga: DPR Minta KTP Elektronik Jadi Acuan Penetapan DPT

Kegiatan yang dilakukan dalam edukasi parlemen ini diantaranya Edutainment, Tour the Parliament, dan I am The Legislator. Selain mengajarkan tentang demokrasi dan tata negara, Humas Setjen dan BK DPR juga mencoba memberikan pengalaman singkat kepada masyarakat tentang bagaimana para anggota DPR  bekerja, terutama saat para anggota dewan bersidang.

Literasi Edukasi Parlemen yang dipaparkan oleh perwakilan dari Humas DPR RI tersebut cukup menarik perhatian lima juri PRIA 2019 yang terdiri dari akademisi, praktisi humas, dan kalangan birokrat, yakni Irwa Zarkasi (Universitas Al-Azhar Indonesia), Ariani Djalal (Tenaga Ahli Deputi IV Kantor Staf Presiden), Asmono WIkan (Founder dan CEO PR Indonesia), Arif Mujahidin (Communication Director Danone Indonesia), dan Magdalena Wenas (PR Guru) sebagai Ketua Dewan juri.

Hingga akhirnya juri menetapkan Humas Setjen dan BK DPR sebagai peraih penghargaan Bronze untuk Kategori Government PR dari ajang yang diselenggarakan sejak 2016 oleh Majalah PR Indonesia ini. Minarni menegaskan, penghargaan tersebut tidak membuat unit kerja yang dipimpinnya lantas berpuas diri.

Hal itu malah sebagai pemacu untuk terus meningkatkan kinerja dan prestasi, sehingga ke depannya menjadi lebih baik lagi. Minimal harus bisa mempertahankan penghargaan yang sudah diraihnya hingga saat ini.

“Saya berharap, penghargaan ini semakin memacu kami untuk bekerja dan berbuat lebih baik lagi, dalam arti meningkatkan kinerja dan prestasi, atau paling tidak bisa mempertahankan prestasi yang sudah ada. Bahkan saya berharap, tahun depan kami tidak hanya mengirimkan satu entry atau literasi saja, tapi bisa lebih. Namun tentunya itu semua perlu dukungan, kerja sama atau sinergi dari unit kerja lainnya di lembaga ini,” pungkas Minarni.

Baca Juga: DPR RI Luncurkan Perangkat Bantu Daring Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI