DPR Minta Mahasiswa Lebih Peduli pada Politik Indonesia

Fabiola Febrinastri
DPR Minta Mahasiswa Lebih Peduli pada Politik Indonesia
Pranata Humas Muda Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Dewi Maheswari saat menerima kunjungan mahasiswa BSI dan Unpas. (Dok : DPR)

Kunjungan edukasi politik ke parlemen diharapkan dapat memberikan pemahaman.

Suara.com - Pranata Humas Muda Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR, Dewi Maheswari berharap, mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) dan Universitas Pasundan (Unpas) dapat lebih peduli dan peka terhadap sistem politik di Indonesia dan melihat pentingnya peran parlemen di sebuah negara demokrasi. Kunjungan edukasi politik ke parlemen diharapkan dapat memberikan pemahaman soal peran parlemen dan sistem politik di Indonesia.

"Harapan utamanya, mahasiswa lebih aware dengan sistem politik Indonesia, khususnya bagaimana mereka menggunakan hak pilihnya di Pemilu Legislatif, termasuk pentingnya parlemen itu sendiri, yang ternyata mereka tidak paham, apa sih relasinya antara kebebasan, demokrasi dan parlemen. Tiga hal itu saling terkait, tapi selama ini, mereka seperti mungkin take it for granted untuk kebebasan yang ada,” katanya, usai menerima kunjungan mahasiswa BSI dan Unpas, di Ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Selain itu, Dewi melanjutkan, selama ini anggapan mahasiswa terhadap parlemen sesuai dengan yang diberitakan oleh media, yaitu cenderung negatif. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul di dalam forum tersebut memperlihatkan pandangan negatif terhadap citra DPR.

Pertemuan tersebut dihadiri banyak mahasiswa jurusan Komunikasi, sehingga pembahasan yang berkembang lebih spesifik kepada peran dan kewenangan public relations (PR) DPR.

Baca Juga: DPR Tekankan Pentingnya Capai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

“Mereka lebih penasaran kepada public relations DPR. Apa yang dilakukan PR DPR, sejauhmana kewenangan PR DPR dan apa bedanya kehumasan di sebuah lembaga politik dibandingkan dengan pemerintahan atau swasta, yang notabene pemimpinnya hanya satu orang atau 1 menteri. Dijelaskan juga tentang sosialisasi DPR, termasuk media dan upaya yang sudah kita lakukan, khususnya yang PR lakukan untuk mensosialisasikan DPR,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Prodi Humas Universitas BSI, Intan Aliana mengungkapkan rasa syukurnya karena berkesempatan mengantarkan mahasiswanya ke Gedung DPR. Ia berharap, kunjungan ini dapat membawa dampak yang baik mahasiswanya, mengingat secara teori dan praktik, sudah dijelaskan oleh Pranata Humas DPR.

“Dibukanya akses publik dari DPR dan mahasiswa bisa datang ke sini, pasti akan membuka kesan positif. Harapannya, mahasiswa akan jauh lebih paham tentang praktik government humas pemerintah lembaga dan kementerian,” tutup Intan.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI