DPR : Koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah Perlu Ditingkatkan

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
DPR : Koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah Perlu Ditingkatkan
Tim Kunker Komisi X DPR di Provinsi Sumatera Barat. (Dok : DPR).

Keduanya bisa saling bersinergi dalam memaksimalkan pelaksanaan fungsi dan kinerjanya.

Suara.com - Anggota Komisi X DPR,  Mohamad Suryo Alam menyatakan, diperlukan peningkatan komunikasi dan koordinasi yang lebih baik lagi antara pemerintah pusat daerah, agar keduanya bisa saling bersinergi dalam memaksimalkan pelaksanaan fungsi dan kinerjanya.

“Dengan demikian, pemerintah daerah dapat mengetahui program apa saja yang sedang dikerjakan oleh pemerintah pusat, begitu pula sebaliknya,” ujarnya, di sela-sela agenda Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Provinsi Sumatera Barat, Kamis (2/5/2019).

Terkait bidang pendidikan tinggi di Sumbar, Suryo mengatakan, saat ini lebih banyak diperlukan beasiswa bidikmisi dan peningkatan sarana dan prasarana untuk praktik agar kemampuan mahasiswa yang di berbagai universitas di Sumbar bisa sama baiknya dengan mahasiswa di Pulau Jawa.

“Kunjungan kerja Komisi X DPR ini bukan menjadi bagian dari persiapan penyusunan APBN 2019, tetapi lebih melihat persoalan pada lima tahun yang akan datang, supaya persiapannya lebih pas, tidak secara parsial tetapi secara keseluruhan," tegas politisi Fraksi Partai Golkar tersebut.

Baca Juga: DPR Cek Langsung Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di KPU

Menurutnya, Komisi X DPR juga berupaya mendorong dan memperkuat sektor pariwisata yang ada di bawah naungan Pemerintah Daerah Sumbar, agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumbar bisa diandalkan untuk bidang pariwisata.

“Oleh karenanya, dalam kunjungan kerja ini, kami juga mengajak mitra kerja kami di pusat untuk melihat dan mendengarkan langsung persoalan-persoalan yang ada di sini,” pungkasnya. 


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI