Fadli Zon Luncurkan Strengthening The Indonesian Parliamentary Diplomacy

Fabiola Febrinastri
Wakil Ketua DPR, Fadli Zon saat membuka peluncuran buku terbarunya, Strengthening The Indonesian Parliamentary Diplomacy. (Dok : DPR)
Wakil Ketua DPR, Fadli Zon saat membuka peluncuran buku terbarunya, Strengthening The Indonesian Parliamentary Diplomacy. (Dok : DPR)

Buku ini berisi koleksi pidato dan makalahnya dalam berbagai forum internasional.

Suara.com - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon meluncurkan buku terbarunya, berjudul Strengthening The Indonesian Parliamentary Diplomacy. Buku ini berisi koleksi pidato dan makalahnya dalam berbagai forum internasional, selaku pimpinan DPR Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam), serta Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) sejak tahun 2014.

“Diplomasi parlemen di tingkat dunia merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi yang saya emban selaku pimpinan DPR Bidang Korpolkam. Di bawah saya, ada juga BKSAP,” ujar Fadli, saat peluncuran bukunya di Ruang Abdul Moeis, Gedung Nusantara DPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/5/2019) .

Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan, buku ini menjadi bukti fungsi baru DPR, yaitu diplomasi parlemen. Tugas dan fungsi tersebut tercantum dalam Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), selain fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran.

"Diplomasi ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah, khususnya Kementerian Luar Negeri, namun juga tugas dari parlemen dan seluruh masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat V ini berharap, diplomasi parlemen mampu membantu mewujudkan hakikat politik luar negeri Indonesia, yaitu memberikan keuntungan bagi bangsa dan negara.

"Diplomasi parlemen yang dilaksanakan bersama BKSAP yang ada di bawah koordinasi saya, khusus dalam rangka memperkuat diplomasi parlemen Indonesia di tingkat dunia,” pungkas Fadli.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra), Fahri Hamzah, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin, eks Menteri Luar Negeri 2001 - 2009, Hassan Wirajuda, eks Ketua LIPI, Lukman Hakim, sejumlah duta besar negara sahabat dan tamu undangan.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS