DPR : Hubungan Diplomatik Indonesia - Meksiko Berjalan Intensif

Fabiola Febrinastri
DPR : Hubungan Diplomatik Indonesia - Meksiko Berjalan Intensif
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) dan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) Utut Adianto ketika memimpin Delegasi Muhibah DPR RI bertemu dengan Anggota Parlemen Meksiko. (Dok : DPR)

Di tingkat legislatif telah dibentuk Group Kerja Sama Bilateral (GKSB) antara DPR dengan Parlemen Meksiko.

Suara.com - Hubungan diplomatik Indonesia dan Meksiko tercermin dalam kerja sama yang intensif dan solid di tataran multilateral dan regional, antara lain melalui forum PBB, APEC, G20, dan MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki dan Australia). Di tingkat legislatif telah dibentuk Group Kerja Sama Bilateral (GKSB) antara DPR dengan Parlemen Meksiko.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR, Koordinator Bidang Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) dan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), Utut Adianto, ketika memimpin delegasi muhibah DPR bertemu anggota parlemen Meksiko, yang juga Ketua Partai National Regeneration Movement (Morena) Mexico City, Flor Ivone Morales di Mexico City, Meksiko, Jumat (24/5/2019).

Flor Ivone Morales mengatakan, dalam agenda global, Indonesia telah melakukan aksi-aksi yang berarti di tingkat internasional dan Meksiko memberikan bantuan dukungan kepada Indonesia. Demikian juga aksi yang dilakukan Meksiko untuk kebaikan dunia, mendapat dukungan Indonesia.

Utut berharap, delegasi Indonesia dan Meksiko dapat saling bertukar pikiran untuk tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kedua negara.

Baca Juga: DPR Minta Bulog Jaga Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran

Kunjungan DPR ke Meksiko mempunyai agenda penting, yaitu untuk meningkatkan hubungan diplomatik kedua negara yang sudah dimulai sejak dibuka Kantor Perwakilan Republik Indonesia di Meksiko pada Januari 1954 dan Kantor Kedutaan Republik Indonesia di Meksiko, yang diresmikan pada 1 Juli 1956.

Kunjungan ini diikuti oleh 11 anggota DPR, yang dijadwalkan akan bertemu dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Meksiko, masyarakat Indonesia di Meksiko, meninjau Sekolah Indonesia, courtesy call dengan Kementerian Pendidikan, Kementerian Kebudayaan, Kementerian Pariwisata Meksiko, serta pertemuan dengan Parlemen Meksiko


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI