DPR Minta Bulog Jaga Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran

Fabiola Febrinastri
DPR Minta Bulog  Jaga Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran
Anggota Komisi IV DPR RI Darori Wonodipuro (kanan). (Dok : DPR)

Komisi IV DPR melakukan kunjungan kerja ke Palembang, Sumatera Selatan.

Suara.com - Anggota Komisi IV DPR, Darori Wonodipuro minta Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menjaga ketersediaan bahan pangan menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri. Hal ini ia tegaskan, mengingat kebutuhan pangan saat Lebaran pasti meningkat dari biasanya.

Darori menyoroti tingginya kebutuhan dan harga pangan, khususnya memasuki bulan Ramadan dan Lebaran. Isu lain, seperti munculnya disparitas harga antara petani, peternak, dan nelayan dengan konsumen serta melonjaknya harga distribusi pangan merupakan permasalahan rutin yang selalu terjadi setiap tahun.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, memiliki peran penting dalam mengelola stabilitas pasokan dan harga pangan pokok, cadangan pangan pokok, serta distribusi pangan pokok agar kebutuhan pangan selama satu bulan dapat terpenuhi.

“Sebagai informasi, berdasarkan data yang kami peroleh, masih terdapat kenaikan harga beberapa komoditas, antara lain daging sapi, daging ayam ras segar, serta beras,” ujarnya, saat memimpin kunjungan kerja Komisi IV DPR ke Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (21/5/2019).

Baca Juga: Komisi IV DPR Dukung Mura Jadi Sentra Perikanan Sumsel

Kunjungan ini adalah bentuk tindak lanjut Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPR dengan Bulog pada 15 Mei 2019.

Rapat tersebut minta pemerintah mengendalikan impor pangan dan meningkatkan kinerja satuan tugas (satgas) pangan dalam mengawal ketersediaan, distribusi, dan stabilisasi harga pangan di tingkat produsen hingga konsumen terutama memasuki Lebaran. Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk melihat secara langsung ketersediaan bahan pangan di gudang Bulog, Sumsel.

Setelah mendapatkan paparan, disimpulkan bahwa ketersediaan pangan di Sumsel cukup terkendali menghadapi Lebaran. Selain itu, dalam hal ketersediaan dan distribusi, Bulog diminta melakukan penjagaan yang lebih ketat.

“Ketersediaan pangan di Sumsel cukup baik dan aman, namun kita tetap meminta Bulog untuk tetap melakukan penjagaan terutama pasca Idul Fitri. Jangan sampai ketersediaan aman, tetapi muncul masalah di kemudian hari," tutur Darori.

Selain itu, Komisi IV DPR juga minta pemerintah menindak tegas para pelaku usaha pangan yang terbukti melanggar kelancaran distribusi dan keamanan pangan, serta yang melakukan penimbunan pangan, sehingga harga pangan menjadi tinggi.

Baca Juga: Kunjungi Sumsel, Komisi IV Harap Konflik Kepentingan Air Selesai


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI