DPR Minta Polda Metro Jaya Amankan Titik-titik Rawan Selama Lebaran

Fabiola Febrinastri
DPR Minta Polda Metro Jaya Amankan Titik-titik Rawan Selama Lebaran
Komisi III DPR RI berkunjung ke Polda Metro Jaya. (Dok : DPR)

Titik-titik yang perlu ditingkatkan keamanannya adalah perumahan yang ditinggal.

Suara.com - Komisi III DPR berkunjung ke Polda Metro Jaya untuk berdiskusi dan mendalami kesiapan Polda Metro Jaya dalam meningkatkan keamanan saat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Anggota Komisi III DPR, Masinton Pasaribu mengingatkan Polda Metro Jaya untuk mengantisipasi dan meningkatkan keamanan di sejumlah titik kerawanan saat Lebaran.

Titik-titik yang perlu ditingkatkan keamanannya adalah perumahan yang ditinggal masyarakat saat mudik dan tempat-tempat keramaian yang akan dikunjungi masyarakat saat libur Lebaran.

“Kita menanyakan kesiapan Kepolisian dalam mengantisipasi berbagai akumulasi menjelang Lebaran ini, seperti takbiran dan persiapan mudik,” ungkap Masinton, usai pertemuan dengan jajaran Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Terutama di pemukiman warga, Masinton mengingatkan, keamanan harus diperhatikan secara serius. Ketika rumah ditinggalkan pemiliknya, risiko kejahatan semakin besar.

Baca Juga: DPR Minta Kepolisian Tingkatkan Keamanan Jelang Idul Fitri

“Kemudian harus menciptakan keamanan di pemukiman warga, yang kemungkinan banyak ditinggalkan mudik dan mengantisipasi arus balik,” ujar politisi PDI-Perjuangan ini.

Dalam kesempatan itu, Komisi III DPR telah mendapatkan gambaran dari sejumlah rencana pengamanan dari Polda Metro Jaya. Kepolisian sudah menyampaikan dari sisi jumlah personel dan titik-titik yang akan jadi konsentrasi pengamanan.

“Kepolisian juga konsen dalam mempermudah akses keberangkatan terhadap warga Jakarta yang akan mudik ke berbagai daerah. Begitu juga pengamanan di tiap-tiap pemungkiman yang nantinya ditinggalkan warga ketika mudik,” tutur legislator dapil DKI Jakarta II itu.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Metro Jaya, Gatot Eddy mengungkapkan, pihaknya memastikan perayaan Idul Fitri akan berlangsung aman. Ia mengimbau masyarakat Jakarta yang akan mudik, untuk tidak menggunakan sepeda motor untuk jarak yang jauh.

Baca Juga: Ketua DPR Ingatkan Pengusaha Bayar THR Sesuai Ketentuan


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI