Komisi VIII Harap Penyelenggaraan Haji 2019 Berjalan Lancar

Fabiola Febrinastri
Komisi VIII Harap Penyelenggaraan Haji 2019 Berjalan Lancar
Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily. (Dok : DPR)

Kementerian Agama dengan 4.200 petugas yang dimilikinya memberikan perhatian dan pelayanan yang terbaik.

Suara.com - Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily mengatakan, pihaknya ingin memastikan proses penyelenggaraan ibadah haji 1440 H/2019 berjalan lancar. Ia juga mendesak pelayanan jemaah haji tahun ini ditingkatkan.

Dengan tambahan 10 ribu jemaah haji dan jumlah jemaah haji lanjut usia (lansia) yang mencapai setengahnya, Ace berharap, Kementerian Agama dengan 4.200 petugas yang dimilikinya memberikan perhatian dan pelayanan yang terbaik.

“Apalagi kita tahu, bahwa suhu di tanah suci pada musim haji tahun ini sangat panas. Kita ingin memastikan, terutama pada saat puncak ibadah haji, yaitu saat wukuf di Arafah dan mabit (bermalam) di Muzdalifah dan Mina, betul-betul dipastikan pelayanannya sangat baik dan secara intensif,” ungkapnya, kepada Parlementaria, selepas rapat kerja Komisi VIII dengan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Politisi F-Partai Golkar ini menambahkan, yang menjadi perhatian selanjutnya adalah pelayanan katering dan akomodasi selama di tanah suci, untuk sebaiknya dapat dilakukan sesuai dengan yang telah disepakati. 

Baca Juga: DPR : UU Sistem Pendidikan Kedokteran Sudah Tak Relevan

“Misalnya, hotel atau penginapan jemaah, dipastikan sesuai dengan kesepakatan harus (standar) bintang tiga. Transportasi untuk melayani pemondokan dengan Masjidil Haram betul-betul bisa dipastikan ada dan frekuensinya banyak, sehingga jangan sampai jemaah haji kita terlunta-lunta di sana,” tambah Ace.

Tidak hanya pelayanan terkait sarana dan prasarana, Komisi VIII juga memastikan pembinaan calon jemaah haji berjalan sesuai dengan syarat dan hukumnya sebagaimana yang ditentukan oleh syariat. Ace mengatakan, pihaknya memastikan hal tersebut dengan mengetahui informasi lebih mendalam, hingga melakukan pengawasan langsung dengan memberangkatkan tim pengawas (timwas) haji pada akhir bulan ini.

“Insyallah akan berangkat dua gelombang. Tahap pertama pada 30 Juli dan tahap kedua pada 31 Juli. Kita harap, pelayanan ibadah jemaah haji Indonesia dapat meningkat pada tahun ini,” pungkas legislator daerah pemilihan Banten I.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI