Ketua DPR Minta Pengaturan Transportasi untuk Turunkan Polusi

Fabiola Febrinastri
Ketua DPR Minta Pengaturan Transportasi untuk Turunkan Polusi
Ketua DPR, Bambang Soesatyo. (Dok : DPR)

Angkutan massal penting dikembangkan.

Suara.com - Transportasi di ibu kota perlu diatur kembali, karena merupakan sumber utama polusi udara. Transportasi privat (pribadi) perlu dikurangi, dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas transportasi publik.

Angkutan massal ini penting dikembangkan, agar masyarakat yang beraktivitas di Jakarta mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Ketua DPR, Bambang Soesatyo menyampaikan hal ini kepada para wartawan yang menemuinya baru-baru ini, di Gedung DPR. Ia menyerukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membenahi transportasi.

Menurutnya, sudah saatnya penggunaan kendaraan privat dikurangi seraya membenahi angkutan massal publik. Tak cuma itu, emisi gas buang kendaraan juga harus diperiksa rutin, agar udara Jakarta terkendali dari bahaya polusi yang tak sehat.

Baca Juga: DPR Minta Pemerintah Kaji Ulang Wacana Pemindahan Ibu Kota Baru

“Uji emisi kendaraan harus dilakukan berkala, mengurangi kendaraan pribadi, dan memperbanyak angkutan publik,” kata Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR itu.

Selain mengatur transportasi, politisi Partai Golkar itu juga menyerukan agar taman-taman terbuka hijau kembali ditingkatkan di Jakarta. Begitu juga areal hutan kota perlu ditambah, untuk melestarikan ekosistem kota menjadi lebih sehat dan segar.

Berdasarkan data AirVisual, Jakarta diklaim sebagai kota nomor satu terpolusi di dunia. Temuan ini jadi perhatian serius bagi Pemprov DKI Jakarta. Semua kementerian, sambung Bamsoet, harus pula bersinergi membantu Pemprov DKI membersihkan udaranya dari bahaya polusi.

Wilayah-wilayah di Jakarta yang terdampak paling buruk kualitas udaranya harus dipetakan dengan baik. Dengan begitu, wilayah-wilayah tersebut bisa mendapat penangan segera dengan membenahi lingkungannya.

Baca Juga: Sejumlah LSM Desak DPR RI Rampungkan RUU Perlindungan Data Pribadi


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI