DPR Menilai, Wacana Impor Rektor Asing Tak Hargai SDM Sendiri

Fabiola Febrinastri
DPR Menilai, Wacana Impor Rektor Asing Tak Hargai SDM Sendiri
Wakil Ketua Komisi XI DPR, Abdul Fikri Faqih. (Dok : DPR)

Pemerintah harus menghargai prestasi anak bangsa sendiri.

Suara.com - Wacana mendatangkan (impor) rektor asing untuk memimpin di sejumlah perguruan tinggi dalam negeri dinilai telah menodai prestasi para akademisi, sekaligus tak menghargai sumber daya manusia (SDM) bangsa sendiri. Dampak negatif globalisasi saja belum mampu diatasi, mengapa pemerintah menambah persoalan baru dengan mengimpor rektor asing?

Wakil Ketua Komisi XI DPR, Abdul Fikri Faqih menegaskan hal ini saat diminta komentarnya lewat jaringan Whatsapp, di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Ia mengatakan, banyak ironi di balik kebijakan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), yang mengusulkan rektor asing bisa memimpin pergurun tinggi Indonesia. Bukankah pemerintah mengakhawatirkan intervensi asing, mengapa justru mendatangkan rektor asing yang membuka kemungkinan intervensi tersebut?

“Kita mengkhawatirkan intervensi asing, sekarang malah kita impor rektor. Kita ingin menguatkan nasionalisme, jawabannya kok impor rektor. Bahkan kita mencurigai dosen, mahasiswa, dan semua civitas academika kita sendiri, dengan melakukan screening dari ideologi asing. Kok malah kita longgar dengan warga asing, yang jelas mereka tak akan bisa menanamkan nilai-nilai ideologi negara kita,” papar politisi PKS ini.

Baca Juga: DPR : Penyandang Disabilitas Belum Mendapatkan Perlakuan Adil

Fikri minta pemerintah untuk tak mengimpor rektor asing, karena akan menimbulkan kisruh di kalangan akademisi. Sebaliknya, pemerintah harus menghargai prestasi anak bangsa sendiri yang telah memajukan bangsa ini lewat perguruan tinggi.

“Lalu bagaimana dengan orang-orang Indonesia di luar negeri yang malah tidak mau pulang karena tak diakomodasi kemampuannya? Apa tidak sebaiknya fenomena brain drain ini diatasi dengan mengundang mereka pulang,” tutur legislator dapil Jateng IX itu.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI