DPR : Keterbukaan Parlemen Beri Akses Partisipasi Publik

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
DPR : Keterbukaan Parlemen Beri Akses Partisipasi Publik
Inspektur Utama DPR, Setyanta Nugraha. (Dok : DPR).

Acara ini merupakan kelanjutan dari workshop yang telah dilakukan 6 bulan yang lalu.

Suara.com - Implementasi open parliament atau keterbukaan parlemen tidak hanya sekadar bertujuan untuk menyediakan data dan informasi, tetapi juga memberikan akses kepada masyarakat agar bisa menyampaikan aspirasi, pengaduan, dan juga partisipasi publik, terutama yang berkaitan dengan pembahasan suatu rancangan undang-undang kepada masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Inspektur Utama DPR, Setyanta Nugraha, dalam lokakarya yang mengangkat tema "Penyusunan Kerangka Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Keterbukaan Parlemen DPR RI", yang diselenggarakan Inspektorat Utama DPR, di Kota Tangerang, Banten.

“Nantinya masyarakat akan lebih mudah mengakses berbagai data dan informasi yang ingin diketahui nya,” ucap Totok, sapaan akrabnya, Jumat (23/8/2019).

Ia menambahkan, lokakarya atau workshop yang diselenggarakan oleh Ittama DPR, yang bekerja sama dengan  The Westminster Foundation for Democracy (WFD), yakni sebuah lembaga publik independen Kerajaan Inggris. Acara ini merupakan kelanjutan dari workshop yang telah dilakukan 6 bulan yang lalu, yang terkait dengan open parliament.

Baca Juga: Ketua DPR Ingatkan Kaum Muda tentang Pertahanan dan Keamanan Negara

“Saat ini, kita coba meng-cover berbagai stakeholder yang ada kaitannya dengan pelaksanaan atau implementasi dari kegiatan keterbukaan parlemen ini," tuturnya.

Selain dari Ittama DPR sebagai leading sector di dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi keterbukaan parlemen, sambung Totok, ada pejabat dari unit kerja lain yang juga masuk di dalam penanggung jawab lima rencana aksi maupun aktor yang melaksanakan implementasi dari 5 rencana aksi itu di berbagai unit kerja dan bagian. WFD memberikan dukungan terhadap DPR, agar dapat menjalankan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan secara transparan dan akuntabel.

Terkait dengan hal ini, pimpinan DPR memiliki komitmen yang tinggi terhadap transparansi dan akuntabilitas lembaga legislatif tersebut. Komitmen tersebut dibuktikan dengan membuat deklarasi “Keterbukaan Parlemen” pada 29 Agustus 2018.

Keterbukaan parlemen merupakan bagian dari Open Government Partnership (OGP), yang bertujuan untuk membuat pemerintah lebih inklusif, responsif dan akuntabel.

“Menindaklanjuti deklarasi keterbukaan parlemen tersebut, DPR telah menyusun Rencana Aksi Nasional Keterbukaan Parlemen untuk 2019 - 2020 ,dengan lima komitmen, yaitu peningkatan kualitas tata kelola data dan pelayanan informasi legislasi, peningkatan penggunaan teknologi informasi parlemen, penguatan keterbukaan informasi publik DPR RI, penyusunan peta jalan (roadmap) Open Parliament Indonesia, dan penyusunan kelembagaan Open Parliament Indonesia," paparnya.

Baca Juga: Sah! DPR Resmi Setujui Jokowi Punya Mobil Baru

Totok menegaskan, workshop ini diharapkan akan menghadirkan sharing pemikiran untuk membantu merumuskan tools monitoring dan evaluasi.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI