Sekjen DPR : Sinergi DPR dan Wartawan harus Diperkuat

Fabiola Febrinastri
Sekjen DPR : Sinergi DPR dan Wartawan harus Diperkuat
Forum Komunikasi dan Sosialisasi Program Kerja (FKSPK) DPR, di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019). (Dok : DPR)

Kesetjenan dan BK DPR akan tetap semangat dalam mendorong terwujudnya parlemen modern.

Suara.com - Sekretaris Jenderal DPR, Indra Iskandar mengungkapkan pentingnya peran wartawan dalam mensosialisasikan kegiatan dan hasil kerja Dewan. Oleh karenanya, membangun rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara pimpinan, anggota dewan, Kesetjenan DPR dengan wartawan, khususnya Koordiantoriat Wartawan Parlemen sangat penting dilakukan. 

“Wartawan berfungsi menginfokan kegiatan di parlemen. Saya kira, sinergi antara wartawan harus diperkuat dan dijaga. Seperti yang disampaikan Ketua DPR bahwa output kerja DPR harus sampai ke masyarakat," ujarnya kepada wartawan, usai menghadiri Forum Komunikasi dan Sosialisasi Program Kerja (FKSPK) DPR, di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).

Indra juga mengungkapkan bahwa saat ini, ia bersama seluruh jajaran Sekjen dan Badan Keahlian DPR sedang fokus dalam meningkatkan akses pengetahuan masyarakat kepada sidang-sidang di seluruh Alat Kelengkapan Dewan (AKD), meskipun hal itu sudah dilakukan melalui aplikasi DPR Now!.

Namun ia sedang berupaya membangun sistem, agar masyarakat juga bisa mengetahui terkait laporan singkat (lapsing) dan kesimpulan rapat secara tertulis dan real time.

Baca Juga: DPR Setuju RUU Perubahan Atas UU Nomor 12 2011 Dibahas di Paripurna

“Sistem sedang dibuat, agar lapsing dan risalah semuanya juga bisa diakses masyarakat,” sambung Indra.

Untuk periode dewan mendatang, Indra memastikan bahwa Kesetjenan dan BK DPR akan tetap semangat dalam mendorong terwujudnya parlemen modern, meskipun setengah dari total anggota DPR periode 2014 - 2019 tidak akan menjabat lagi.

Indra juga mengungkapkan bahwa peralihan masa jabatan ini tidak mengganggu upaya-upaya mewujudkan peran modern. 

“Anggota dewan ke depan hampir setengahnya baru. Tentu kami berharap ada semangat untuk mendorong tewujudnya fokusi DPR, yakni anggaran, pengawasan dan legislasi, juga mewujudkan parlemen modern," tutup Indra. 

Baca Juga: Tolak Revisi UU KPK, Mahasiswa Geruduk Gedung DPR


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI