Ketua DPR Terima Indonesia Digital Initiative Awards 2019

Fabiola Febrinastri
Ketua DPR Terima Indonesia Digital Initiative Awards 2019
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menerima penghargaan IDIA 2019. (Dok : DPR)

DPR menjadi open parliament pertama dunia yang menyediakan berbagai informasi.

Suara.com - Ketua DPR, Bambang Soesatyo kembali dibanjiri penghargaan. Untuk kali ini datang dari Indonesia Digital Initiative Awards (IDIA) 2019, atas upaya sebagai inisiator aplikasi DPR Now! yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mendekatkan DPR dengan rakyat.

Konsep besar "DPR dalam Genggaman Rakyat" melalui berbagai fitur yang futuristik dalam aplikasi DPR Now!, yang membuat DPR menjadi open parliament pertama dunia yang menyediakan berbagai informasi.

Hal ini termasuk informasi hasil rapat, pengaduan masyarakat, sampai live streaming berbagai kegiatan secara real time and real live. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat harus dilihat sebagai peluang, bukan sebagai ancaman.

“Dari ide dan gagasan itulah, saya mendorong DPR melahirkan aplikasi DPR Now!, yang kini bisa diunduh di smartphone siapapun. Kapanpun dan dimanapun, semua orang bisa memantau aktifitas DPR melalui aplikasi DPR Now!. Hal ini menjadikan DPR bukan hanya sebagai parlemen terbuka, melainkan juga sebagai parlemen yang berani buka-bukaan," ujar Bamsoet, sapaan akrabnya, saat menerima penghargaan IDIA 2019 kategori Aplikasi Terbaik dan Inovatif di Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Baca Juga: Sukseskan Parlemen Modern, DPR Semakin Terbuka pada Masyarakat

Pemberian Indonesia Digital Initiative Awards 2019 juga didasarkan pada penilaian empat variabel. Pertama, kualitas tampilan dan branding.

Kedua, substansi konten. Ketiga, yaitu aktifitas dan terakhir yang keempat adalah user experience.

Dewan jurinya juga bukan orang sembarangan, yang terdiri dari pakar IT, praktisi media, hingga pemerhati kinerja lembaga legislatif, antara lain Rubby Alamsyah (pakar IT), Aubert Reginald (Perusahaan IT Maven Digital Asia), Agus Sudibyo (Dewan Pers), J. Osdar (Jurnalis), dan Lucius Karus (Formappi).

Legislator dapil Jawa Tengah VII ini menjelaskan, selain aplikasi DPR Now!, DPR RI juga memiliki tiga aplikasi kekinian lainnya yang juga dapat di-download di smartphone, yakni aplikasi DPR RI, DPR e-Library, dan DPR PPID.

Tak hanya itu, website DPR bisa diakses melalui www.dpr.go.id maupun aplikasi media sosial di Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube, dengan akun dikemas dengan tampilan yang menarik.

Baca Juga: Buka Forum Komunikasi, Ketua DPR Cerita Pengalaman Jadi Wartawan

“Sebagai lembaga perwakilan, humas DPRjuga seringkali mendapat berbagai penghargaan. Yang terbaru adalah Bronze Award untuk Kategori Government Public Relation dari ajang Public Relation Indonesia Award (PRIA) 2019, serta sebelumnya Indonesia Community Engagement (ICE) Award 2018 dalam kategori partisipasi pembangunan. Dengan berbagai penghargaan tersebut, ke depan,  DPR tentu harus semakin meningkatkan kualitas kinerja, jangan sampai justru malah jalan di tempat atau mengalami kemunduran," tutur Bamsoet.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI