Hadiri Forum G20, Ketua DPR Harap Semenanjung Korea Aman

Fabiola Febrinastri
Hadiri Forum G20, Ketua DPR Harap Semenanjung Korea Aman
Ketua DPR, Puan Maharani dengan Ketua Parlemen Korea Selatan Moon Hee Sang pada forum Ketua-ketua parlemen G20 di Tokyo, Jepang. (Dok : DPR)

DPR mendukung upaya pemerintah mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan kompetitif.

Suara.com - Keadaan di Semenanjung Korea menjadi salah satu pembahasan utama dalam pertemuan Ketua DPR RI, Puan Maharani dengan Ketua Parlemen Korea Selatan Moon Hee Sang, dalam forum Ketua-ketua parlemen G20 di Tokyo, Jepang. Puan mengatakan, Indonesia selalu memperhatikan perkembangan situasi di Semenanjung Korea, termasuk upaya proses denuklirisasi di kawasan itu.

Politisi PDI-Perjuangan itu memastikan, posisi Indonesia selalu konsisten, bahwa ingin melihat Semenanjung Korea menjadi wilayah aman dan damai.

“Harapan kami agar berbagai pihak yang memiliki inisiatif, termasuk Republik Korea Selatan berhasil menciptakan Semenanjung Korea yang stabil dan damai,” kata Puan, di Tokyo, Jepang, Senin (4/11/2019).

Puan juga menyampaikan kerja sama parlemen Korsel dan RI selama ini sangat aktif melalui Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB). Kepada Ketua DPR Korsel, Puan minta kerja sama lebih erat, terutama di sektor ekonomi. DPR mendukung upaya pemerintah mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan kompetitif.

Baca Juga: Terima Menlu Maroko, Ketua DPR Puan Maharani Perkuat Hubungan Ekonomi

DPR RI, lanjut mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, ingin pemerintah kedua negara mengoptimalkan Pusat Kerja Sama Infrastrukur Korea-Indonesia.

“Agar realisasi investasi Korsel di bidang infrastruktur dalam skema public private partnership di Indonesia meningkat,” tuturnya.

Selain membahas kerja sama bidang ekonomi, pertemuan Puan dan Ketua DPR Korsel Moon Hee Sang juga membicarakan peningkatan skill Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

“Kita mendorong kerja sama vokasi dan internship dengan melibatkan perusahaan Korsel,” pungkas legislator dapil Jawa Tengah V itu.

Baca Juga: Puan Maharani : Pemuda harus Relevan di Segala Zaman


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI