DPR Minta Pemerintah Siapkan Dana Khusus Tangani Hog Cholera di Sumut

Fabiola Febrinastri
Anggota Komisi IV DPR RI Slamet. (Dok : DPR)
Anggota Komisi IV DPR RI Slamet. (Dok : DPR)

Selama ini, peternak yang hewannya mati, membuang bangkai ke sembarang tempat.

Suara.com - Anggota Komisi IV DPR RI, Slamet minta pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian agar menyiapkan dana khusus untuk menangani wabah Hog Cholera, yang menyerang ternak babi di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Dengan dana yang dikeluarkan pemerintah pusat, maka penanganan wabah itu bisa segera terselesaikan dengan cepat.

“Dengan adanya pergantian dana yang dilakukan pemerintah, maka eradikasi atau pemusnahan terhadap ternak-ternak babi yang terjangkit ataupun terinfeksi vurus mematikan akan terjadi secepatnya,” kata Slamet, saat mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik dengan Pemerintah Provinsi Sumut dan mitra kerja terkait, di Medan, baru-baru ini.

Politisi PKS itu berharap, kehadiran pemerintah menangani wabah Hog Cholera ini, membuat peternak babi yang terjangkit virus tidak harus menunggu ternak-ternaknya mati dan pada akhirnya membuangnya ke sembarang tempat.

“Saya ingin memastikan langkah pemerintah tidak hanya memberikan informasi atau imbauan, namun pemerintah hadir untuk melakukan pemusnahan dan menangani wabah secara cepat dan tuntas,” tegas Slamet.

Sampai saat ini Pemprov Sumut dan Pemerintah Kabupaten/Kota sudah berupaya keras untuk menghentikan penyebaran wabah tersebut. Bukan itu saja, Pemprov dan Pemda juga bekerja sama dengan kepolisian dalam menghentikan pembuangan bangkai babi ke sungai, tong sampah dan tempat-tempat umum lainnya dengan cara patroli. Selama ini, peternak yang hewannya mati, membuang bangkai ke sembarang tempat.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS