Satgas Lawan Covid-19, DPR Bantu Pemerintah Hadapi Pandemi Covid-19

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Satgas Lawan Covid-19, DPR Bantu Pemerintah Hadapi Pandemi Covid-19
Ketua DPR RI Dr. (H.C.), Puan Maharani, memberikan sambutan peluncuran Satgas Lawan Covid-19, Kamis (9/4/2020). (Dok : DPR).

Satgas ini (berupaya) membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19 di tiap-tiap daerah.

Suara.com - Ketua DPR RI Dr. (H.C.), Puan Maharani menyampaikan, untuk membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Virus Corona (Covid-19), para anggota DPR bersatu dan bergotong-royong membentuk Satgas Lawan Covid-19.

Puan menegaskan, Satgas ini (berupaya) membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19 ditiap daerah. Satgas Lawan Covid-19 DPR dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku), Sufmi Dasco Ahmad.

Saat memberikan sambutan lewat fasilitas video-conference pada saat peluncuran Satgas Lawan Covid-19, Kamis (9/4/2020), Puan mengatakan,  Satgas ini dibentuk untuk  membangun sinergi dari para donatur yang peduli melawan Covid-19 untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit atau puskesmas di daerah. 

“Termasuk memenuhi kebutuhan dasar atau sembako masyarakat yang terdampak ekonomi dari wabah Covid-19,” ungkap politisi PDI Perjuangan ini lebih lanjut.

Baca Juga: DPR Tidak Setuju Gaji ke-13 Dialihkan untuk Tangkal Covid-19

Selain menghimpun sumbangan dari donatur,  mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu menyatakan, Satgas juga mengkoordinasikan sumbangan sumbangan dari para anggota DPR.

"Jadi tidak menggunakan anggaran DPR sama sekali, tidak ada anggaran lembaga,” tutur Puan.

Puan menegaskan bahwa Satgas Lawan Covid-19  tidak menerima sumbangan dalam bentuk uang, melainkan  sumbangan dalam bentuk alat kesehatan, masker dan Alat Pelindung Diri (APD) lainnya, serta ventilator dan alat pendukung medis lainnya.

“Semuanya langsung didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit rujukan, ke Puskesmas dan ke kelurahan. Kami juga menerima bantuan  sembako yang akan langsung didistribusikan ke warga,” tandas legislator dapil Jawa Tengah V itu.

Puan menambahkan, pendistribusian bantuan akan dipantau Satgas Lawan Covid-19 melalui satuan-satuan kerja Satgas Daerah Lawan Covid-19. Mekanisme kerja dari Satgas itu akan dilakukan melalui aplikasi atau website SatgasLawanCovid19.com.

Baca Juga: Jadi Beban Negara, DPR Minta Pemerintah Kaji Penurunan Harga Gas

“Aplikasi tersebut akan terkoneksi dengan 682  rumah sakit rujukan serta puskesmas-puskesmas. Bila membutuhkan alat kesehatan, mereka bisa langsung mengisi form di aplikasi tersebut untuk kebutuhan tiga bulan ke depan,” ungkapnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI