Anggota DPR Ajak Masyarakat Gotong Royong Lawan Covid-19

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Anggota DPR Ajak Masyarakat Gotong Royong Lawan Covid-19
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily. (Dok : DPR).

Saat ini, Covid-19 memberi dampak nyata terhadap kehidupan warga.

Suara.com - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengajak masyarakat mematuhi aturan pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19. Pemerintah pun juga diminta untuk memenuhi kebutuhan warga, selain juga perlu ada gotong royong antar masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang pendapatannya berkurang karena dampak Covid 19. 

"Saya kira, masyarakat harus disiplin untuk bekerja di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah sebagai upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Namun pemerintah, baik pusat maupun daerah, harus segera memenuhi kebutuhan dasar warga masyarakat yang terkena dampak sosial ekonomi dari Covid 19," ujar Ace dalam rilis yang diterima Parlementaria, Jakarta, Senin, (27/4/2020).

Ace juga mengajak warga turut berpartisipasi dalam penanganan Covid-19 secara gotong royong. Hal itu dapat dilakukan dalam sebuah komunitas terkecil di masyarakat.

Selain itu, tentu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang terkena dampak Covid-19 perlu mendapatkan dukungan sepenuhnya dari seluruh masyarakat.

Baca Juga: Anggota DPR Ajak Semua Pihak Berpikir Objektif atas Upaya Preventif Polri

“Kita harus menghidupkan kembali semangat gotong royong dan solidaritas sosial melalui komunitas warga pada lingkungan terkecil di masyarakat seperti RT atau kampung untuk saling membantu jika ada di antara warga yang kekurangan kebutuhan pokok," lanjut Ace.

Langkah tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya konflik di masyarakat akibat dampak Covid-19. Saat ini, Covid-19 memberi dampak nyata terhadap kehidupan warga. Banyak dari mereka yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan. Itulah sebabnya, masyarakat mengalami tekanan ekonomi.

"Dengan demikian, kemungkinan potensi adanya konflik sosial dalam masyarakat dapat diantisipasi dengan sebaik-baiknya. Saya sangat percaya, pada dasarnya masyarakat Indonesia memiliki daya tahan modal sosial yang tinggi di saat menghadapi tekanan sosial ekonomi akibat berbagai masalah yang kita hadapi saat ini. Kita harus optimistis bahwa kita mampu menghadapi Covid-19 dengan modal sosial yang kuat dalam masyarakat kita," pungkas Ace.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI