DPR : Indonesia Punya Modal Sosial Besar Lawan Covid-19

Fabiola Febrinastri
DPR : Indonesia Punya Modal Sosial Besar Lawan Covid-19
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily. (Dok : DPR)

Masyarakat global juga berpandangan sama tentang tingginya modal sosial yang dimiliki Indonesia.

Suara.com - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily menegaskan, pandemi virus Corona (Covid-19) bukan semata masalah bagi Indonesia, tetapi seluruh dunia. Indonesia pun dinilai memiliki modal sosial yang sangat besar untuk melawan pandemi Covid-19, sehingga harus dilawan melalui sisi kemanusiaan.

“Masalah Covid-19 ini bukan hanya masalah Indonesia, tetapi juga dunia. Semua sepakat yang harus kita ke depankan, dalam konteks penangganan Covid-19 adalah pendekatan kemanusiaan. Covid-19 tidak mengenal negara, suku, agama, kaya, miskin. Semua berpotensi terkena Covid-19,” ujar politisi Fraksi Partai Golkar itudalam siaran pers yang diterima Parlementaria, Jumat (22/5/2020).

Ace  menilai bahwa masyarakat global juga berpandangan sama tentang tingginya modal sosial yang dimiliki Indonesia, sehingga ini adalah bekal utama yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Dengan modal sosial yang dimiliki Indonesia, Ace optimistis Indonesia dapat segera melewati badai Covid-19.

“Beberapa hari lalu saya membaca koran. Ada satu hal yang menggembirakan sesungguhnya. Ternyata Indonesia memiliki modal sosial yang cukup tinggi. Menurut Legatum Prosperity Index, pada tahun 2019 lalu, modal sosial Indonesia berada pada urutan kelima setelah negara-negara Skandinavia yang dikenal memiliki tingkat welfare state (kesejahteraan negara), Norwegia, Denmark, Eslandia dan Finlandia," jelasnya.

Baca Juga: DPR Minta Aparat Tak Represif Kepada Warga yang Salat Ied di Lapangan

Adapun modal sosial yang dimaksud adalah menggunakan beberapa tolok ukur seperti sikap saling mempercayai, saling menghormati, saling tolong menolong, solidaritas sosial, dan gotong royong.

Hal serupa terjadi di tahun 2018 lalu, Indonesia pun didaulat menjadi negara paling dermawan oleh Charities Aid Foundation melalui World Giving Index dalam hal pertolongan kepada warga asing, donasi uang dan kesediaan menjadi sukarelawan.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI