Satgas Covid-19 DPR Tinjau Protokol New Normal ke Kantor Kemenkes

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Satgas Covid-19 DPR Tinjau Protokol New Normal ke Kantor Kemenkes
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad. (Dok : DPR).

Meski saat ini kurva pertambahan kasus masih terus meningkat, Dasco tetap menilai tatanan hidup baru tidak bisa terelakkan.

Suara.com - Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 DPR RI meninjau persiapan protokol yang akan digunakan untuk menghadapi new normal atau tatanan normal baru ke Kantor Kementerian Kesehatan RI. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku), Sufmi Dasco Ahmad.

“Prioritas utama kita adalah tatanan hidup baru dipenuhi dengan protokol Covid-19. Kami datang, selain memberikan dukungan, juga memastikan protokol new normal di semua sektor lebih dipersiapkan, sehingga sektor-sektor lainnya kemudian akan dipandu untuk membuat SOP dengan kebutuhan di tempat masing-masing,” kata Dasco usai pertemuan di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Meski saat ini kurva pertambahan kasus masih terus meningkat, Dasco tetap menilai tatanan hidup baru tidak bisa terelakkan.

“Tatanan hidup baru ini tidak bisa meninggi lebih lama, karena biar bagaimanapun rakyat kita juga sedang susah. Upaya untuk menurunkan kurva dan menggerakan roda ekonomi itu harus saling berjalan, untuk protokol new normal harus diikuti oleh semua sektor untuk menjamin tenaga kerja, anak sekolah, dan lain-lain,” imbuh politisi Partai Gerindra itu.

Baca Juga: DPR : Zona Merah Corona Ciptakan Zona Merah Ekonomi

Senada dengan hal tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, dalam pertemuan itu menegaskan bahwa peraturan-peraturan turunan dalam menghadapi tatanan normal baru sudah disiapkan. 

“Peraturan-peraturan turunan sudah disiapkan. Apalagi dengan kunjungan dari Satgas Lawan Covid-19 ini, makin detail dan implementasinya makin bisa dikerjakan dengan baik. Yang paling penting, dukungan dari DPR sangat membantu kami membuat protokol lebih mendetail,” katanya.

Mengenai waktu pelaksanaan dan terkait, apakah nantinya daerah-daerah akan mengajukan izin new normal kepada Kemenkes, Terawan menjawab untuk tetap menunggu.

“Tunggu tanggal mainnya, semua disiapkan. Protokol-protokolnya, semua sudah disiapkan. Nanti arahan dari pemerintah akan muncul, kita akan terus juga berkonsultasi dengan Satgas DPR, mudah-mudahan semua bisa berjalan,” imbuhnya.

Dibentuk pada awal April lalu, Satgas Lawan Covid-19 DPR berkomitmen untuk bergotong-royong membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 hingga ke tiap daerah.

Baca Juga: DPR : Displin Ketat, Kunci Pemberlakuan New Normal

Dalam pertemuan tersebut, Dasco menegaskan selain memberi masukan kepada pemerintah, Satgas juga melakukan peninjauan ke berbagai sektor untuk lantas guna memastikan sejauh mana protokol-protokol kesehatan dibuat sesuai dengan kebutuhan masing-masing sektor pelaksana kebijakan.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI