Wakil Ketua DPR Ingin China dan India Selesaikan Konflik di Pangong Lake

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Wakil Ketua DPR Ingin China dan India Selesaikan Konflik di Pangong Lake
Wakil Ketua DPR RI Bidang Korpolhukam Aziz Syamsuddin. (Dok : DPR).

Peran India dan China sangat besar dalam memerangi pandemi Covid-19.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI Bidang Korpolhukam,  Aziz Syamsuddin meminta agar kedua negara berkekuatan militer besar, yaitu China dan India, dapat menahan diri terhadap situasi yang berkembang di perbatasan Pangong Lake. Isu yang berkembang saat ini, sedang terjadi eskalasi peningkatan aktivitas militer paska bentrok antara kedua belah pihak. 

"Saya berharap, China dan India sama-sama menahan diri, perlu mengedepankan dialog dalam menyelesaikan perbedaan tafsir diantara kedua belah pihak. Terlebih saat dunia sedang berjuang melawan musuh yang tak terlihat, yaitu Covid-19," kata Aziz, saat di temui di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis ( 28/5/2020).

Menurutnya, peran India dan China sangat besar dalam memerangi pandemi Covid-19 sebagai negara yang memiliki peran ekonomi besar saat ini. Aziz yakin bahwa kedua negara tersebut mendahulukan kepentingan yang lebih besar, yaitu kepentingan Kemanusiaan.

"Sesuai dengan prinsip Indonesia dan ASEAN, segala perseturuan sebaiknya di selesaikan dengan mekanisme damai dan dialog dalam rangka menjaga kepercayaan dan stabilitas kawasan Indo-Pacific. India dan China juga merupakan mitra strategis ASEAN saat ini," tegasnya. 

Baca Juga: DPR Nilai, Penerapan New Normal Teburu-buru

India dan China merupakan sahabat baik Indonesia, maka posisi Indonesia di Dewan Keamanan PBB menyesalkan, jika sampai terjadi perang yang sebenarnya tidak diperlukan di abad ke-21 ini.

"Kita mengajak para pihak untuk menahan diri dan dialog serta mematuhi prinsip-prinsip yang sudah disepakati secara Internasional melalui berbagai instrumen institusi, yang salah satunya melalui PBB," katanya.

"Hanya dengan kerja sama yang baik di kawasan Indo-Pacific, kita sebagai masyarakat internasional akan mempu secara bahu membahu menangulangi Covid-19 dan kembali ke normal life, dengan bersama-sama memulihan perekonomian global. Ketegangan dan perang tidak akan pernah menguntungkan pihak manapun," tutupnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI