New Normal akan Berhasil Jika Seluruh Elemen Bangsa Gotong Royong

Fabiola Febrinastri
New Normal akan Berhasil Jika Seluruh Elemen Bangsa Gotong Royong
Anggota Komisi V DPR RI Rifqinizamy Karsayuda. (Dok : DPR)

Bangsa Indonesia tak boleh menyerah pada pandemi ini.

Suara.com - Pandemi Covid-19 menghadirkan berbagai ketidakpastian. Karakteristik Virus Covid-19, hingga saat ini belum dapat diprediksi (unpredictable) dan belum ditemukan vaksin anti-virusnya.

Di sisi lain, Bangsa Indonesia tak boleh menyerah pada pandemi ini, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan membatasi kegiatan-kegiatan sosial yang bersifat kerumunan di tengah aktivitas keseharian.

Demikian dipaparkan anggota Komisi V DPR RI, Rifqinizamy Karsayuda dalam keterangan tertulisnya kepada Parlementeria, Minggu (31/5/2020).

Rifqinizamy menegaskan, kebijakan untuk kembali pada tatanan kehidupan baru atau new normal hanya bisa dilaksanakan dengan baik jika seluruh elemen bangsa melakukan gotong royong berskala besar.

Baca Juga: DPR Minta BPK Awasi Penggunaan Dana Penanganan Covid-19

“Kita wajib terus bergotong royong untuk menjaga protokol kesehatan, seperti terus menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan lainnya. Tanpa adanya sikap peduli satu dengan yang lain, protokol kesehatan amat mudah dilanggar di masa new normal nantinya. New normal adalah cara bangsa Indonesia terus bangkit di tengah pandemi Covid-19 yang penuh ketidakpastian," ujar Rifqinizamy.

Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini menuturkan, fondasi ekonomi, sosial, bahkan politik akan terus merapuh jika Indonesia tidak segera bangkit menentukan berbagai langkah di tengah segala ketidakpastian saat-saat ini. Di sisi lain, jika bangkit tanpa rasa gotong royong, disiplin dan penuh solidaritas dengan tetap waspada pada pandemi ini maka tentu akan menghadirkan bencana yang tak terhindarkan.

Oleh karena itu menurutnya, pemberlakuan new normal dengan gotong royong berskala besar yang melibatkan seluruh elemen bangsa adalah keniscayaan. Seluruh elemen kepemimpinan bangsa, baik eksekutif, legislatif dan penyelenggara negara lainnya di pusat dan daerah harus bergandengan tangan bersama rakyat menghadapi ini.

"Saya yakin, kita bisa. Bangsa ini telah membuktikan soliditasnya pada berbagai momentum yang kerap dan rentan memecah belah kita. Kini, saatnya kita buktikan kembali jika kita akan terus ada dan bangkit di tengah kondisi demikian,” kata legislator dapil Kalimantan Selatan I tersebut.

Baca Juga: DPR Sarankan Kemendikbud Buka Sekolah Secara Bertahap


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI