Jangan Terpaku PSBB, Ini Saran Ketua DPR Hadapi Corona

Bangun Santoso | Novian Ardiansyah
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Youtube DPR RI)
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Youtube DPR RI)

"Memang untuk melawan Covid-19 kita jangan hanya terpaku pada istilah pembatasan sosial berskala besar,"

Suara.com - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, dalam menghadapi pandemi Covid-19, Indonesia tidak hanya membutuhkan pembatasan sosial bersakala besar (PSBB). Terpenting, kata dia ialah skala besar dalam hal gotong royong.

Ia menilai dengan gotong royong masyarakat bisa saling bantu satu sama lain terutama mereka yang terdampak Covid-19.

"Memang untuk melawan Covid-19 kita jangan hanya terpaku pada istilah pembatasan sosial berskala besar. Tetapi yang Indonesia juga butuhkan saat ini adalah gotong royong berskala besar. Saya tekankan kembali, Indonesia saat ini butuh gotong royong berskala besar," ujar Puan dalam keterangannya, Senin (1/6/2020).

Ia mencontohkan bagaimana budaya gotong royong tersebut telah menjadi sebuah mekanisme di daerah dalam saling bantu membantu mereka yang terdampak pandemi.

"Seperti yang terjadi di Cimahi, Jawa Barat. Ada satu daerah yang antar-tetangganya rukun membantu menyediakan makanan untuk salah satu warganya yang sedang menjalani isolasi mandiri karena dinyatakan positif terjangkit corona," kata Puan.

Menurut dia, gotong royong juga tampak di di Desa Jambanan, Sragen. Di mana warga desa setempat menyambut dengan senang warganya yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 sebagi bentuk dukungan.

"Di daerah pemilihan saya yang meliputi Solo, Boyolali, Klaten, Sukoharjo juga banyak terjadi antarwarga saling membantu bersama-sama menghadapi dampak sosial ekonomi dari Pandemi Covid-19," kata Puan.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS