DPR Berbagi Pengalaman Menghadapi Covid-19 dengan Beberapa Negara

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
DPR Berbagi Pengalaman Menghadapi Covid-19 dengan Beberapa Negara
DPR Berbagi Pengalaman Menghadapi Covid-19. (Dok : DPR).

Berbagi pengalaman antarnegara pun dilakukan, agar masyarakat tetap mampu menjalankan roda ekonominya.

Suara.com - Masing-masing negara punya strateginya sendiri menghadapi wabah Virus Corona atau yang populer disebut juga Covid-19. Bagaimana pula setiap negara di dunia membantu warganya yang terdampak Covid-19?

Akibat wabah ini, akses ekonomi dan sosial masyarakat hampir terputus, karena ada kebijakan lockdown. Berbagi pengalaman antarnegara pun dilakukan, agar masyarakat tetap mampu menjalankan roda ekonominya.

Adalah 41 peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XLV Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang melakukan benchmarking virtual ke sejumlah negara.

Benchmarking virtual ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi pembangunan berkelanjutan pascca pandemi Covid-19 yang dilakukan sejumlah negara di tengah mandeknya roda perekonomian akibat menyebarnya Virus Corona.

Baca Juga: Anggaran Penanganan Covid-19 Direvisi, Ini Kata DPR

Para peserta benchmark yang terbagi dalam empat kelompok itu melakukan kunjungan virtual ke delapan lokus negara, antara lain Thailand, China, Jepang, Korea Selatan, Austria, Vietnam, Jerman, serta Malaysia. Tema pokok yang didiskusikan dalam benchmark tersebut yakni Digitalization of The Micro, Small, & Medium Enterprises (MSME).

Benchmark di Malaysia, misalnya, para peserta yang diterima langsung oleh Wakil Duta Besar RI untuk Malaysia Krisna Hanan dan Nur Azmi dari SME Corp. Malaysia, menggali informasi penting dari para narasumber, seperti bagaimana manajemen produksi yang dilakukan oleh SME terhadap sertifikasi hasil produksi barang UMKM di Malaysia. Selain itu, digali pula bagaimana strategi yang dilakukan SME di tengah lockdown yang mengakibatkan pelambatan perekonomian. 

Menanggapi hal itu, Nur Azmi mengungkapkan, Pemerintah Malaysia memberikan stimulus ekonomi kepada para pelaku UMKM. Pemerintah menyadari UMKM menyerap tenaga kerja yang banyak sehingga menjadi tumpuan perekonomian.

“Pandemi ini berdampak sangat signifikan terhadap perekonomian Malaysia secara nasional. Namun, pemerintah kami memberikan bantuan untuk membangkitkan perekonomian berupa stimulus ekonomi, baik dukungan kebijakan maupun stimulus keuangan,” jelasnya.

Nur Azmi menambahkan, di tengah situasi yang tidak menentu dan diprediksi memberikan dampak hingga 1,5 tahun ke depan sampai vaksin ditemukan, kolaborasi antara semua unsur jadi kunci keberhasilan dalam menghadapi situasi ini.

Baca Juga: DPR : Dana Haji Hanya untuk Kepentingan Jamaah, Bukan untuk yang Lain

“Kuncinya adalah ego sektoral harus dihilangkan, SME Malaysia juga terus melakukan penataan secara internal berupa infrastruktur, suprastruktur, promosi, penerapan teknologi, serta pengembangan produk sesuai dengan standardisasi internasional,” tutupnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI