Ketua DPR Resmikan Patung Bung Karno di STIN

Fabiola Febrinastri
Ketua DPR Resmikan Patung Bung Karno di STIN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani meresmikan Patung Bung Karno. (Dok : DPR)

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menyaksikan secara virtual.

Suara.com - Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani meresmikan Patung Bung Karno, yang digelar bersamaan dengan Inagurasi Peningkatan Statuta Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), di Plaza STIN, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/9/2020). Puan menyampaikan, sebagai bagian penting dari menanamkan rasa pengabdian kepada bangsa dan negara, maka sejarah Indonesia dan semangat para pendiri bangsa harus selalu diingat.

“Saya mengajak para Taruna STIN dan segenap anggota BIN, agar ketika melihat patung Bung Karno ini maka mengingat pengabdian beliau kepada Indonesia,” kata Puan, dalam sambutannya di acara tersebut mewakili keluarga besar Presiden Soekarno.

“Mengingat dan kemudian dengan segenap daya mengikuti jalan pengabdiannya bagi bangsa, negara, dan rakyat Indonesia,” sambung Puan.

Wakil rakyat dari dapil Jawa Tengah V tersebut menyampaikan, Bung Karno pernah menulis bahwa kebahagiaannya adalah mengabdi kepada Tuhan, kepada Tanah Air, dan kepada bangsa. Menurut Bung Karno, kata Puan, tanpa jiwa pengabdian itu maka beliau bukan apa-apa. Akan tetapi dengan jiwa pengabdian itu, maka Bung Karno merasa hidupnya bahagia dan membawa manfaat.

Baca Juga: Tak Mau Jadi Klaster Baru, Begini Ketatnya Protokol Covid-19 di DPR

“Itulah dedication of life Bung Karno,” ujar Puan.

Peresmian patung Bung Karno di STIN dilakukan Puan bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ditandai dengan hitung mundur dan penekanan tombol pembuka kain berwarna merah yang menutup patung dengan tinggi sekitar 4 meter itu.

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menyaksikan secara virtual acara peresmian Patung Bung Karno di STIN, didampingi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Setelah itu, Puan menyampaikan terima kasih atas pemberian brevet dan penganugerahan Warga Kehormatan STIN yang diberikan kepadanya. “Dan, saya mengucapkan terima kasih kepada segenap personel BIN atas jasa-jasanya kepada Indonesia.

Jasa-jasa yang mungkin tidak diketahui banyak orang, tapi berbahagialah karena jasa-saja saudara selama ini turut menjaga keutuhan NKRI, melindungi segenap bangsa Indonesia, dan seluruh tumpah darah Indonesia,” pungkas politisi PDI-Perjuangan itu.

Baca Juga: Haornas, Ketua DPR Minta Pemerintah Jamin Masa Depan Atlet


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI