Dorong Pemuda Berperan Aktif Selama Pandemi, DPR: Mereka Harus Diberi Ruang

Fitri Asta Pramesti
Dorong Pemuda Berperan Aktif Selama Pandemi, DPR: Mereka Harus Diberi Ruang
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti di Auditorium Graha Bina Praja, Kantor Gubernur Sumatera Selatan. (Dok. DPR)

"Jangan sampai pada masa pendemi ini pemuda menjadi objek yang didiamkan," ujar Agustina

Suara.com - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti, menyorot peran anak muda selama pandemi Covid-19. Menurutnya, pemuda harus diberikan ruang dan kesempatan untuk ikut berdinamika.

Bukan tanpa alasan, generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang nantinya menjadi penentu nasib bangsa ini kedepannya.

Di mana pandemi seperti saat ini, banyak pemotongan anggaran oleh Kementerian Keuangan termasuk untuk sektor kepemudaan yang berada di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang menjadi mitra Komisi X DPR RI.

Kendati demikian, Agustina bilang, jangan sampai di situasi yang sulit ini, anak muda malah tak mendapatkan perhatian khusus. Mereka harus difasilitasi agar bisa ikut berperan aktif di masyarakat. 

Baca Juga: Legislator Dorong BPN Sosialisasikan Sertifikat Tanah Elektronik

"Jangan sampai pada masa pendemi ini pemuda menjadi objek yang didiamkan. Mereka harus diberikan ruang, kasih lah anggaran berapa untuk pemuda agar mereka ikut berdinamika dengan keadaan ini," papar Agustina di Auditorium Graha Bina Praja, Kantor Gubernur Sumatera Selatan, Palembang, Senin (15/2/2021).

Agustina memaparkan, di masa pandemi ini, Kemenpora mengalami pemotongan anggaran, jumlahnya lebih dari Rp 564 miliar, dari yang awalnya sebesar Rp 1,73 triliun menjadi Rp 1,17 triliun.

Untuk perubahan penggunaan anggaran dalam menangani pandemi ini, Kemenpora menjalankan beragam kegiatan yang bertema edukasi, pengadaan perlengkapan keamanan, dan program bantuan.

Pada sektor edukasi, kegiatan yang dilaksanakan Kemenpora yaitu webinar kepemudaan dan keolahragaan, diskusi daring di berbagai media, hingga video instruksional yang menampilkan atlet nasional dan pewirausaha untuk memberikan motivasi kepada masyarakat.

"Mungkin di Kementerian Pemuda dan Olahraga ditambahkan anggaran di situ dalam proses perubahan nantinya, karena gak cukup (kalau tidak ditambah, red)," ungkap Agustina.

Baca Juga: DPR Dukung Peningkatan Kapasitas Produksi Air PDAM Tirta Musi

Peran pemuda atau yang saat ini dikenal dengan istilah milenial sangat penting di tengah pandemi Covid-19, terutama dalam memberikan informasi dan edukasi kepada orang-orang sekitarnya. Pasalnya, para pemuda zaman sekarang sangat paham teknologi dan juga informasi.

Dalam suasana pandemi ini, kaum muda memiliki kapasitas dan kesempatan untuk menciptakan lingkungan dan menyesuaikan diri dalam situasi apa pun, termasuk dalam menerapkan pola kehidupan yang baru untuk menghindari dampak buruk pandemi Covid-19 secara berkelanjutan.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI