DPR: Perlu Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah untuk Pulihkan Ekonomi

Fitri Asta Pramesti
DPR: Perlu Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah untuk Pulihkan Ekonomi
Anggota Komisi XI DPR RI Musthofa di Demak, Jawa Tengah, Kamis (25/3/2021). (Dok. DPR)

"Perlu banyak sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan di dunia keuangan," kata Musthofa.

Suara.com - Anggota Komisi XI DPR RI Musthofa mengatakan perlu adanya sinergi antara pemerintah pusat dengan daerah untuk pulihkan perekonomian dalam situasi pandemi Covid-19. Hal tersebut tidak hanya berlaku pada sektor keuangan saja, tapi seluruh stakeholder yang ada saling berkoordinasi baik di pusat maupun daerah.

"Tidak cukup dengan digelontorkan (dana) PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) saja, tetapi bagaimana kebijakan pemerintah daerah tanpa ada sinergi dengan pemerintah pusat dan kebijakan keuangan, tidak akan mendapatkan dampak yang sangat luar biasa. Ini yang terpenting, jadi perlu sinergi antara kebijakan pemerintah pusat pemerintah dan pemerintah daerah,” kata Musthofa, Kamis (25/3/2021).

Ia menjelaskan, berdasarkan data yang diterimanya, Jawa Tengah pertumbuhan ekonominya terbaik nasional, serta yang terbesar dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Bank himbara telah mendapat manfaat dari dana PEN. Saya melihat bagaimana pertumbuhan kreditnya lebih baik. Khusus untuk penyaluran KUR, secara nasional bahwa Jawa Tengah ini adalah yang terbesar, yang perlu kita cermati adalah bahwa dampak dari PEN yang harus kita rasakan," Jelas Musthofa.

Baca Juga: Bom Bunuh Diri di Katedral Makassar, Komisi III Minta Kapolri Lakukan Ini

Wakil Rakyat Fraksi PDI Perjuangan ini menerangkan, situasi pandemi saat ini, pemerintah daerah, pemerintah pusat, serta kementerian/lembaga semua konsentrasi pada sektor UMKM. Transformasi informasi untuk mengakses KUR tak pernah berhenti untuk disampaikan ke publik.

"Sesuatu yang baik jangan sampai tersumbat. Perlu banyak sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan di dunia keuangan. Seluruh stakeholder yang ada di wilayah dan para kelompok pelaku usaha semuanya berbicara UMKM harus pro rakyat dan berbasis kembali kepada rakyat." Pungkas Musthofa. 


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI