alexametrics

Puji Olahan Laut UMKM Banyuwangi, Puan Minta Upayakan Hilirisasi Tangkapan Nelayan

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Ketua DPR RI, Puan Maharani ketika berkeliling di kawasan Kampung Mandar, Pantai Boom Marina, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (12/11/2021). (Dok: DPR)
Ketua DPR RI, Puan Maharani ketika berkeliling di kawasan Kampung Mandar, Pantai Boom Marina, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (12/11/2021). (Dok: DPR)

Puan juga melihat olahan laut yang dibuat oleh para perempuan di Banyuwangi.

Suara.com - Ketua DPR RI, Puan Maharani melakukan sejumlah kegiatan saat mengunjungi kawasan Kampung Mandar, Pantai Boom Marina, Banyuwangi, Jawa Timur. Tidak hanya meninjau vaksinasi Covid-19, ia juga mengunjungi pasar ikan setempat yang menjual berbagai hasil laut yang segar. 

"Wah enak ini ada kerang bambu. Cuminya juga segar. Ini lobsternya berapa harganya?” tanya Puan ketika berkeliling di kawasan Kampung Mandar, Pantai Boom Marina, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (12/11/2021). 

Dalam kunjungan tersebut, politisi PDI-Perjuangan itu didampingi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, dan jajaran Anggota DPR RI. 

Selain itu, Puan turut meninjau salah satu aktivitas nelayan yang tengah praktik menjahit pelampung jaring.

Baca Juga: Rachmat Gobel: Pemda Harus Cari Solusi Atasi Banjir Gorontalo

"Wah susah juga ya, sampai jatuh-jatuh jarumnya," gelak Puan sembari tertawa lepas. 

Tidak hanya meninjau aktivitas nelayan, dia juga melihat berbagai produk olahan hasil laut yang dikerjakan kelompok perempuan Banyuwangi. Mulai dari dimsum, terasi, aneka sambal, abon, dan aneka kripik hasil laut. Melihat aneka ragam produk tersebut, dirinya memborong produk olahan kelompok perempuan Banyuwangi itu sebagai oleh-oleh keluarga guna mendorong pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi. Hal itu tentu disambut gembira oleh para pelaku usaha perempuan.

Alya, salah seorang perempuan penggerak UMKM olahan laut berharap produk hasil olahan lautnya bisa disukai oleh perempuan pertama yang menjabat ketua DPR tersebut.

"Semoga produk saya diminati kerabat Bu Puan, dan mereka pesan lagi. Jadi kami bisa dapat pesanan lagi," ujar Alya sambil tertawa lepas. 

Dalam kesempatan itu, Puan juga sangat mengapresiasi kawasan Kampun Mandar yang bersih. Apalagi di kawasan tersebut menyediakan layanan makanan berbagai jenis ikan yang langsung dimasak.

Baca Juga: Rudi Jadi Pahlawan Kembangkan Kampung Sayur Cempoko Berkat BRI

“Kreatif, di sini ada pasar ikan yang bisa langsung dimasak. Dan model ini, multiplier effect-nya bagus. Ada penjual sayur terlibat, ibu-ibu nelayan bisa jadi tukang masak, yang mendapatkan manfaat ekonomi lebih banyak," kata Puan. 


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI