alexametrics

Auditor Setjen DPR RI Terima Sertifikasi QGIA dan QIA

Fabiola Febrinastri
Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI dan 13 Auditor di Inspektorat Utama Setjen DPR RI. (Dok: DPR)
Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI dan 13 Auditor di Inspektorat Utama Setjen DPR RI. (Dok: DPR)

Lembaga itu memiliki visi untuk meningkatkan kompetensi.

Suara.com - Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI dan 13 Auditor di Inspektorat Utama Setjen DPR RI mendapatkan pengukuhan atas sertifikasi Qualified Government Internal Auditor (QGIA) dan 3 Auditor atas sertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA). Sertifikasi QIA adalah sertifikasi profesi dalam bidang audit internal yang menunjukkan kualitas dan profesionalisme seorang pengawas internal.

Begitu pula dengan sertifikasi QGIA yang lebih fokus pada bidang audit internal sektor pemerintah. Inspektur Utama Setjen DPR RI Setyanta Nugraha menerangkan, sertifikat QGIA dan QIA merupakan pengakuan atas pengetahuan dan keahlian di bidang audit internal dan tata kelola sektor publik.

"Dengan hadirnya auditor internal bersertifikat ini tentu akan dapat meningkatkan kualitas pekerjaan audit, kapabilitas audit internal, kredibilitas, dan nilai tambah organisasi," ujar Totok, sapaan akrab Setyanta dalam keterangan tertulisnya kepada Parlementaria, Rabu (1/12/2021).

Adapun program sertifikasi QGIA dan QIA sendiri diselenggarakan oleh lembaga YPIA - Pusat Pengembangan Internal Audit. Lembaga itu memiliki visi untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme auditor internal.

Baca Juga: Komisi XI DPR Kunjungan Kerja ke BI, OJK dan Himbara di Medan

Di penghujung tahun 2021, YPIA - Pusat Pengembangan Internal Audit kembali menyelenggarakan ajang tahunan yang memberikan kesempatan bagi para auditor internal dari seluruh Indonesia untuk berkumpul dan bertukar ilmu setelah dua tahun lamanya harus tertunda karena penyebaran virus Covid-19.

Antusiasme para auditor dari seluruh Indonesia terlihat dari jumlah wisudawan yang hadir di tempat, yaitu sejumlah 259 wisudawan QIA, QGIA, dan CPIA. Di samping itu, kegiatan pun diikuti dengan rangkaian acara Seminar Nasional Internal Audit 2021 selama dua hari dengan tema “Mengakrabi Gelombang Perubahan Digital – Sebuah Keharusan Bagi Auditor Internal Agar tetap Relevan dan Memberi Nilai Tambah Bagi Organisasi”.

Pada kesempatan ini, turut hadir Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Agung Firman Sampurna untuk menyampaikan keynote speech dengan tema “Auditor yang Dibutuhkan di Masa Depan”. Melalui pidatonya, Agung menyampaikan bahwa transformasi digital dalam audit menjadi sangat penting seiring dengan peningkatan volume data yang sangat cepat dan perubahan model bisnis.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa dengan adanya pemutakhiran tata kelola dalam organisasi, maka resilient government pun akan terbangun. Alhasil, melalui pengukuhan Inspektur Utama dan para Auditor, Inspektorat Utama Setjen DPR RI berkomitmen untuk terus mengembangkan kompetensi dan meningkatkan kualitas pengawasan internal yang mampu memberikan nilai tambah bagi organisasi Setjen DPR RI.

Baca Juga: Dapat Sinyal Positif Fraksi-fraksi di DPR, Panja RUU TPKS Targetkan Pleno Pekan Depan


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI