Bertemu Dubes Denmark, Fadli Zon Bagikan Pengalamannya di GOPAC

MN Yunita
Bertemu Dubes Denmark, Fadli Zon Bagikan Pengalamannya di GOPAC
Wakil Ketua DPR RI/Korpolkam, Fadli Zon menerima kunjungan kehormatan Dubes Denmark untuk Indonesia, Rasmus A. Kristensen di Gedung Nusantara III DPR. (Dok:DPR)

Fadli Zon juga bahas potensi kerja sama dengan Denmark

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon berbagi pengalamannya mengenai kegiatan Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC) kepada Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia, Rasmus A. Kristensen.

Ia juga mengajak Kristensen untuk hadir pada berbagai pertemuan GOPAC.

“Kita membahas hasil kegiatan GOPAC di Denmark beberapa waktu yang lalu. Kemudian Dubes Denmark juga ingin mengetahui lebih lanjut berbagai kegiatan GOPAC,” katanya usai pertemuan dengan Dubes Denmark di Gedung Nusantara III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Dalam pertemuan tersebut juga membahas mengenai berbagai potensi kerja sama yang bisa dikembangkan antara Indonesia dengan Denmark. Salah satunya mengenai sumber energi terbarukan. Fadli menilai Denmark mengembangkan energi tenaga angin dengan skala cukup besar, namun dengan biaya cukup murah bahkan bisa lebih murah dari fossil fuel.

Baca Juga: DPR Ajak Mahasiswa Perangi Narkoba dengan Membaca

“Mereka menggunakan renewable energy. Selain bersih lingkungan juga lebih murah. Mereka mempunyai gagasan sumber renewable energy yang cukup besar, termasuk angin dan sumber yang lain. Saya kira itu bagus, kita belajar dari berbagai negara yang maju dalam beberapa bidang,” papar Fadli.

Ia menambahkan Indonesia juga bisa belajar dari Denmark. Sebagai negara welfare state, pendidikan dan kesehatan di Denmark dijamin oleh negara. Fadli juga menilai Denmark tertib, bersih dan tingkat kebahagiaan masyarakat Denmark cukup tinggi.

Dalam pertemuan juga dibahas mengenai konsep Open Parliament. Konsep ini digagas oleh DPR supaya parlemen negara-negara lain juga ikut. Hal ini sebagai bagian dari Open Government Partnership, di mana ada partisipasi masyarakat dalam parlemen sehinggga proses hingga hasil di parlemen bisa diakses oleh publik.

“Pada umumnya DPR sudah terbuka dan akuntabel dan kita juga mengajak mereka terlibat dalam Open Parliament,” tandas Pimpinan DPR Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) ini.

Baca Juga: DPR Lantik Fadholi Jadi Pimpinan MKD


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI