Dukung Kinerja DPR, Badan Keahlian Terus Tingkatkan Kualitas

MN Yunita
Dukung Kinerja DPR, Badan Keahlian Terus Tingkatkan Kualitas
Suasana “Peluncuran Buku 3 Tahun BK DPR RI serta Launching Website Sistem Data Informasi Penelitian” di Gedung DPR RI. (Dok: DPR)

Badan ini bertugas memastikan DPR lebih modern, responsif, akuntabel, serta berkualitas.

Suara.com - Sejak dibentuk pada September 2015, Badan Keahlian (BK) DPR RI terus mempertegas diri sebagai salah satu supporting system pelaksanaan tugas dan wewenang anggota DPR.  Badan ini bertugas untuk memastikan lembaga DPR lebih modern, responsif, akuntabel, serta berkualitas.

“Kita berharap agar kinerja Badan Keahlian ini terus meningkat, baik itu kapasitas dan kualitasnya, demi terwujudnya DPR yang akuntabel dan dipercaya oleh rakyat,” kata Kepala BK DPR, Johnson Rajagukguk dalam acara “Peluncuran Buku 3 Tahun BK DPR RI serta Launching Website Sistem Data Informasi Penelitian” di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Ia menjelaskan buku tiga tahun BK DPR ini merangkum segala hal yang sudah dilakukan oleh BK DPR dalam kurun waktu 2015 hingga 2018. “Usia tiga tahun itu ibarat bayi yg masih balita dan sangat muda dan perjalanan BK DPR masih sangat panjang,” tambah Johnson.

Dengan hadirnya buku ini, harapannya apa yang sudah dirintis dalam kurun tiga tahun terus berlanjut dan ditingkatkan. Menurutnya, lembaga perwakilan rakyat dimanapun di dunia akan sangat membutuhkan kehadiran lembaga semacam Badan Keahlian DPR untuk mendukung kerja-kerja parlemen yang lebih berkualitas.

Baca Juga: DPR Dorong Pemberian Remunerasi untuk Honorer

“Apalagi di dalam Badan Keahlian DPR terdapat para pejabat fungsional yaitu peneliti, perancang undang-undang, analisis APBN, dan analis hukum yang merupakan sumber daya manusia yang khusus diperuntukkan untuk dukungan keahlian atau substansi yang dalam prakteknya berkolaborasi dengan para tenaga ahli atau para pakar lainnya,” papar Johnson.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian BK DPR, Indra Pahlevi mengatakan peluncuran website sistem data dan informasi penelitian merupakan tugas dan inovasi dari Pusat Penelitian untuk terus mendukung kinerja DPR. “Sistem ini merupakan pengembangan dari website yang kami miliki dan memuat produk-produk penelitian yang tentu saja mendukung tugas dan fungsi DPR,” jelas Indra.

Saat ini, website yang berisikan hasil penelitian, diskusi, jurnal, isu-isu dan lainnya masih terus dikembangkan. Beberapa hasil hasil penelitian sudah diterjemahkan dan bisa diakses dalam Bahasa Inggris. “Selebihnya akan segera menyusul,” lanjut Indra.

Peluncuran website sistem data dan informasi penelitian ditandai dengan menyentuh layar digital oleh Ketua DPR, Bambang Soesatyo, Sekretaris Jenderal DPR, Indra Iskandar, Kepala Badan Keahlian DPR,Johnson Rajagukguk, serta Kepala Pusat Penelitian DPR, Indra Pahlevi, dan disaksikan sejumlah pejabat dan lingkungan di Setjen dan BK DPR.

Baca Juga: Bamsoet: DPR Dukung Pembentukan Lembaga Legislasi Pemerintah


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI