Ketua DPR Panen Raya Ikan Nila dan Serahkan Bantuan Petani Ikan

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Ketua DPR Panen Raya Ikan Nila dan Serahkan Bantuan Petani Ikan
Ketua DPR, Bambang Soesatyo melakukan panen raya ikan nila dengan sistem minapadi di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jumat (15/03/19). (Dok : DPR).

Bamsoet juga menyalurkan bantuan berupa sarana perikanan.

Suara.com - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo melakukan panen raya ikan nila dengan sistem minapadi seluas 5 hektare. Panen dipusatkan di salah satu petak dengan nilai total produksi mencapai 1 ton, dengan ukuran panen 5-6 ekor per kilogram. 

“Selain menambah pendapatan, sistem minapadi yang mengintegrasikan pertanian dengan budidaya ikan nila juga bisa meningkatkan konsumsi protein masyarakat. Tak hanya di Kabupaten Purbalingga, program minapadi juga perlu ditingkatkan ke skala nasional. Tak perlu takut dengan anggaran, DPR RI dengan senang hati akan menyiapkan,” ujar Bamsoet, saat melakukan panen raya dan pemberian bantuan sarana perikanan, di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jumat (15/3/2019).

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Plt Bupati Kabupaten Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan, Rizal Djalil, Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Sumarjo Gatot Irianto, serta Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Slamet Soebjakto.

Bamsoet juga menyalurkan bantuan sarana perikanan lebih dari 10 kelompok masyarakat di berbagai desa dan kecamatan di Kabupaten Purbalingga.

Baca Juga: MKD Dibentuk untuk Jaga Kehormatan Anggota DPR

Bantuan yang diserahkan antara lain 35 hektare sistem minapadi, 257 ribu ekor benih ikan nila, 105 ribu ekor benih ikan koi, 4 ribu ekor calon induk ikan nila, 1 paket biofok, 30 ribu ekor benih ikan baung untuk restocking, 5 ton pakan ikan mandiri dan 3 unit chest freezer.

“Dalam APBN 2019, DPR RI telah mengalokasikan Rp5,48 triliun untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Tak hanya fokus mengembangkan perikanan laut, DPR RI juga memastikan KKP menggunakan anggaran tersebut untuk pengembangan budidaya perikanan, seperti penyerahan bantuan yang dilakukan hari ini,” tutur Bamsoet.

Dengan mengembangkan budi daya perikanan, Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini berharap, konsumsi ikan nasional bisa meningkat, dari 50,69 kilogram per kapita menjadi 54,49 kilogram per kapita. Secara perlahan, Indonesia bisa mengejar ketertinggalan dari negara tetangga, sepeti Malaysia yang sudah 70 kilogram per kapita, Singapura 80 kilogram per kapita, dan Jepang yang sudah mendekati 100 kilogram per kapita.

“Mari budayakan mengkonsumsi ikan, karena manfaatnya banyak sekali. Anak-anak kita bisa terhindar dari kelebihan atau kekurangan gizi, maupun stunting dan berbagai penyakit lainnya,” pungkas Bamsoet.

Baca Juga: Booth DPR Go Expo 2019 Sulawesi Utara Ramai Dikunjungi Pengunjung


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI