DPR : Kebutuhan Energi Indonesia Meningkat Tiap Tahun

Fabiola Febrinastri
DPR : Kebutuhan Energi Indonesia Meningkat Tiap Tahun
Kunjungan DPR ke Republik Ceko. (Dok : DPR)

Delegasi Indonesia juga telah melakukan kunjungan ke sejumlah industri energi baru terbarukan.

Suara.com - Kebutuhan energi Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya dan komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi sebesar 29 persen pada 2030, mendorong parlemen Indonesia untuk melakukan kerja sama kesepahaman dengan parlemen Republik Ceko, dalam mengembangkan energi listrik terbarukan, terutama dalam mendorong pengembangan proyek mobil listrik yang sedang dalam kajian pemerintah Indonesia.

Selain menjaga dan meningkatkan kerja sama antar parlemen, kunjungan muhibah ini juga untuk memperbaiki kebijakan dan pengembangan penggunaan energi terbarukan, termasuk didalamnya pengembangan kendaraan listrik.

Kedatangan parlemen Indonesia yang dipimpin Wakil Ketua DPR, Koordinator Urusan Industri dan Pembangunan, Agus Hermanto, diterima oleh Wakil Ketua Parlemen Ceko, Mr. Vojtech Filip. Selain berkunjung ke parlemen Ceko, delegasi Indonesia juga telah melakukan kunjungan ke sejumlah industri energi baru terbarukan dan kendaraan listrik di Praha, ibukota Republik Ceko, seperti perusahaan Hydropool, Bowmen, Energo Pro dan skada Auto Companies.

Menurut Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto, ada beberapa agenda yang dibawa untuk selanjutnya ditindaklanjuti bersama dengan parlemen Republik Ceko, diantaranya soal energi baru terbarukan, dimana Ceko adalah salah satu negara di Eropa yang memiliki teknologi maju di bidang pengolahan energi listrik. Agus juga menambahkan, selain masalah kelistrikan, delegasi kedua negara juga membicarakan masalah kedirgantaraan, peningkatan rute penerbangan dari Jakarta ke Praha, serta ratifikasi kerjasama di bidang kebudayaan kedua negara, yang telah terjalin sejak lama.

Baca Juga: Anggota DPR Dapil Papua Barat : Perlu Kanalisasi Isu Papua

"Kedatangan kami ke Republik Ceko adalah untuk meningkatkan kerja sama di bidang energi baru terbarukan, dimana kita ketahui bersama, negara ini memiliki teknologi yang maju dalam pengembangan energi listrik, terutama kendaraan listrik," ujarnya, di sela-sela kunjungannya ke Republik Ceko.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Kenssy D. Ekaningsih menyambut baik kunjungan ini dan berharap akan membawa manfaat yang lebih besar lagi bagi kedua negara.

"Kerja sama parlemen antar kedua negara ini, pada dasarnya nanti akan mendukung eksekutif dan yudikatif, dimana kita ketahui bersama, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ceko juga didukung oleh kerja sama kedua parlemen ini," katanya.

Pada bagian lain, Wakil Ketua Komisi I DPR, Satya Widya Yudha berharap, kerja sama kedua parlemen ini nantinya dapat ditingkatkan, mengingat banyak agenda yang bisa di sepakati oleh masing-masing eksekutif kedua negara, sebagai kebijakan yang dapat menguntungkan kedua negara.

Kerja sama bisa dilakukan seperti pengembangan mobil listrik, perdagangan, kerjasama di bidang kedirgantaraan serta di bidang kebudayaan, sehingga banyak wisatawan dari Ceko yang berkunjung ke Indonesia, juga sebaliknya.

Baca Juga: Rapat Paripurna Setujui Revisi RUU MD3 Jadi Usul DPR

"Kunjungan parlemen kita ke Ceko, tentunya akan memperkuat hubungan kedua negara, dan sebagai tindaklanjut dari policy maker,  kita mendorong pemerintah masing-masing kedua negara untuk meningkatkan kerjasam perdagangan secara luas, termasuk di dalamnya pemngembangan kendaraan listrik dan sebagainya." kata legislator asal Partai Golkar ini.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI