Pancasila dan Gotong Royong Modal Hadapi Covid-19

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Pancasila dan Gotong Royong Modal Hadapi Covid-19
Anggota Komisi X DPR RI Ahmad Basarah. (Dok : DPR)

Nilai-nilai Pancasila dan kegotongroyongan sudah sangat jelas tergambar sebagai dasar dan ideologi dinamis.

Suara.com - Anggota Komisi X DPR RI, Ahmad Basarah menegaskan, jati diri bangsa dalam mengamalkan Pancasila yang berintisarikan semangat gotong royong menjadi modal bangsa menghadapi pandemi Covid-19.

Basarah mengungkapkan, nilai-nilai Pancasila dan kegotongroyongan sudah sangat jelas tergambar sebagai dasar dan ideologi dinamis. 

Oleh karena itu, Pancasila sudah sangat tepat untuk dapat diimplementasikan segenap rakyat Indonesia untuk secara bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19 saat-saat ini.

"Modal ideologis dan sosiologis bangsa Indonesia sangatlah besar untuk dikembangkan menjadi partisipasi sosial sebagai energi bangsa menghadapi penularan dan pencegahan pandemi Covid-19 beserta dampak sosial ekonomi yang ditimbulkannya," ujar Basarah, dalam siaran pers yang diterima Parlementeria, Senin (1/6/2020).

Baca Juga: Jangan Terpaku PSBB, Ini Saran Ketua DPR Hadapi Corona

Namun politisi PDI-Perjuangan itu mengingatkan, persoalannya tinggal bagaimana pemerintah pusat dan daerah serta jajaran pemangku kebijakan lainnya mampu menggerakkan modal sosial yang sudah dimiliki rakyat Indonesia.

“Menggerakkan menjadi kekuatan kolektif bangsa untuk bersama-sama dan bergotong royong mengatasi pandemi Covid-19 ini,” imbuh Basarah.

Lebih lanjut, Basarah yang juga Wakil Ketua MPR RI ini menjelaskan, kesatupadanan antarlembaga pemerintah dan dengan yang diperintah dalam menjalankan kontrak sosial sebagaimana telah disepakati oleh para pendiri bangsa adalah kata kunci bagi bangsa Indonesia untuk mampu mengatasi berbagai macam bencana dan krisis.

"Kembali kepada jati diri bangsa dan mengamalkan Pancasila yang berintisarikan semangat rotong royong adalah 'santiaji' bagi bangsa Indonesia dalam memperingati 75 tahun lahirnya Pancasila di tengah pandemi Covid-19," pungkas Basarah, sembari mengajak seluruh elemen bangsa agar bersatu-padu, bahu-membahu dan bergotong royong untuk keselamatan berjuta-juta rakyat Indonesia.

Baca Juga: DPR: Pandemi Tak Bisa Diselesaikan Sendiri dan Sektoral


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI