Gotong Royong Mengemuka di Tengah Wabah Covid-19

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Gotong Royong Mengemuka di Tengah Wabah Covid-19
Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, Jakarta, Senin (1/6/2020). (Dok : DPR).

Dalam upacara yang digelar secara virtual itu, Puan membacakan Pembukaan UUD 1945.

Suara.com - Karakter gotong royong masyarakat Indonesia tetap tampil mengemuka di tengah wabah Corona (Covid-19) yang melanda negeri. Sesama anggota masyarakat saling tolong ketika ada warganya yang terserang virus Covid-19. Ini cerminan yang sesuai dengan ideologi Pancasila.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan hal ini, usai mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila yang dipimpin Presiden Joko Widodo dari Istana Kepresiden Bogor, Senin (1/6/2020).

Dalam upacara yang digelar secara virtual itu, Puan membacakan Pembukaan UUD 1945 dari rumah dinasnya di kawasan Kuningan, Jakarta.

“Gotong royong adalah jiwa bangsa Indonesia, jiwa persaudaraan, jiwa kekeluargaan, dan jiwa kerja bersama,” kata Puan dalam keterangan persnya.

Baca Juga: Jangan Terpaku PSBB, Ini Saran Ketua DPR Hadapi Corona

Menurut Puan, penanggulangan pandemi Covid-19 membutuhkan kerja bersama berupa gotong royong dari semua komponen bangsa, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat.

Politisi PDI-Perjuangan itu mencontohkan, di Cimahi, Jawa Barat, ada satu daerah yang antar tetangganya rukun membantu menyediakan makanan untuk salah satu warganya yang sedang menjalani isolasi mandiri karena dinyatakan positif Covid-19.

Lalu di Desa Jambanan, Sragen, Jawa Tengah, salah satu warga desanya pulang ke rumah setelah dinyatakan sembuh dari virus Covid-19. Warga setempat menyambutnya dengan meriah seperti acara syukuran.

"Di daerah pemilihan saya yang meliputi Solo, Boyolali, Klaten, Sukoharjo juga antarwarga saling membantu bersama-sama menghadapi dampak sosial ekonomi pandemi Covid-19," ungkap legislator dapil Jawa Tengah V itu.

Saat ini, wabah Covid-19 tidak saja berdampak pada kesehatan masyarakat, tapi juga telah melumpuhkan seluruh aktivitas masyarakat, baik sosial, ekonomi, budaya, bahkan kegiatan keagamaan.

Baca Juga: DPR: Pandemi Tak Bisa Diselesaikan Sendiri dan Sektoral

Hari lahir Pancasila ini, lanjut Puan, sangat tepat menjadi refleksi di tengah pandemi Covid-19. Salah satu paham yang terkandung dalam Pancasila adalah gotong royong.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI