Kaukus Perempuan Parlemen: Penting Apresiasi Perempuan yang Masuk Politik

Fitri Asta Pramesti
Kaukus Perempuan Parlemen: Penting Apresiasi Perempuan yang Masuk Politik
Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen Diah Pitaloka. (Dok. DPR)

"Perempuan dengan segala dinamikanya menghadapi tantangan tersendiri ketika akan terjun ke dunia politik," kata Diah Pitaloka

Suara.com - Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen Diah Pitaloka mengungkap perjuangan perempuan untuk dapat duduk di kursi parlemen dan terlibat langsung dalam pembuatan keputusan tidaklah mudah. Untuk itu, apresiasi penting untuk terus mendukung langkah mereka.

Hal ini disebutkan Diah dalam gelaran talkshow dan pameran foto bertajuk "Kiprah Perempuan Parlemen: Jalan Harapan Bangsa" yang diadakan guna memperingati Hari Perempuan Internasional.

Beragam kendala yang dihadapi perempuan untuk mencapai parlemen, menurut Diah, disebabkan mereka masih harus berjuang menghadapi stigma, dan kendala struktural maupun kultural sebagai perempuan.

Selain itu, kiprah mereka juga diharapkan dapat membawa perubahan yang lebih baik terhadap perlindungan dan kesejahteraan kaum perempuan di berbagai bidang kehidupan.

Baca Juga: Dorong Perempuan Lawan Kekerasan Gender, DPR: Harus Berani Gapai Cita-cita

"Perempuan dengan segala dinamikanya menghadapi tantangan tersendiri ketika akan terjun ke dunia politik. Hal ini penting untuk diapresiasi untuk terus memberikan semangat dan dukungan kepada perempuan agar terus terlibat aktif dalam pembangunan bangsa melalui politik," ungkap Diah usai pembukaan pameran foto di loby Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (8/3/2021).

Diah menilai pameran foto yang digelar dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional (International Women's Day) itu sebagai bentuk apresiasi kepada perempuan parlemen Indonesia yang telah turut serta mewarnai pengambilan kebijakan di Tanah Air.

Ia berharap acara tersebut bisa menjadi penyemangat setiap perempuan di Tanah Air untuk berkontribusi aktif dalam pembangunan Indonesia di berbagai bidang, termasuk politik.

Dalam Pameran foto yang dibuka oleh Ketua DPR RI Puan Maharani itu, Diah menjelaskan bahwa foto-foto tersebut sekaligus menunjukkan sisi manusiawi para anggota legislatif perempuan.

Mereka tidak hanya tampil serius, tetapi juga sederhana, dan apa adanya, layaknya manusia dengan berbagai dinamikanya. Sebanyak 124 anggota DPR perempuan, dan 42 anggota DPD perempuan yang turut serta dalam pameran akan menampilkan masing-masing tiga fotonya.

Baca Juga: DPR Dorong Pemerintah Percepat Aturan Turunan UU Cipta Kerja

Bahkan, Puan yang juga Ketua DPR RI perempuan pertama di Indonesia itu turut serta sebagai peserta pameran foto dengan memajang tiga foto pribadi pilihannya untuk ditampilkan di hadapan publik.

Dilanjutkan Diah, sebagai salah satu elemen masyarakat, perempuan adalah faktor penting untuk menuju Indonesia Maju 2045. Sejumlah isu krusial di negeri ini sangat erat dan dekat dengan kehidupan perempuan.

Isu lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, pemberdayaan komunitas, pembangunan desa, hingga teknologi informasi, adalah sebagian kecil dari isu-isu penting di mana perempuan terlibat aktif dan partisipatif.

Tidak hanya itu, Ia menilai Perempuan parlemen merupakan kelompok kepentingan yang berkiprah dan terjun langsung dalam isu-isu penting tersebut. Oleh karenanya, dalam ajang pameran foto perempuan parlemen ini, publik akan dapat menyaksikan beragam wajah perempuan yang berkutat dengan bermacam-macam upayanya di parlemen maupun keseharian.

"Mereka akan tampil di daerah pemilihan, saat menyerap aspirasi dan suara konstituen, ketika rapat di ruang-ruang komisi, atau saat menemui elemen masyarakat. Berbagai hal akan terlihat dari pameran foto perempuan parlemen ini. Silakan publik yang menilai bagaimana kiprah para perempuan di parlemen melalui foto-foto yang ditampilkan," kata Diah.

Selain pameran foto, rangkaian talkshow yang digelar juga ingin memberikan perspektif perempuan terhadap berbagai isu terkini. Para pembicaranya merupakan anggota legislatif perempuan dengan beragam keahlian dan konsentrasi.

Topik yang akan diangkat di dalam rangkaian talkshow tersebut antara lain ialah pemerintahan daerah, vaksinasi, pendidikan daring, perkawinan anak, pengembangan energi hijau, pengarusutamaan gender dalam pembangunan, pelestarian lingkungan hidup, dan wirausaha perempuan dalam akselerasi pemulihan ekonomi.

Tidak lupa politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, keseluruhan acara dalam rangka peringatan Hari Perempuan Internasional itu akan dilangsungkan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Rangkaian acara dan talkshow juga dapat disaksikan melalui akun media sosial (Youtube) Kaukus Perempuan Parlemen RI.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI