Balai Latihan Kerja Semarang Mampu Lahirkan Pekerja Profesional

Fabiola Febrinastri
Balai Latihan Kerja Semarang Mampu Lahirkan Pekerja Profesional
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay. (Dok : DPR)

Anggaran Kemnaker masih sangat terbatas untuk melaksanakan revitalisasi.

Suara.com - Tim Kunjungan Kerja Spesifik Panja Revitalisasi Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Kesempatan Kerja Komisi IX DPR menyambangi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Semarang, Jawa Tengah. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana Balai Latihan Kerja (BLK) dapat berkontribusi dalam rangka menciptakan lapangan pekerjaan dan menciptakan tenaga-tenaga kerja yang memiliki keahlian.

Dalam kesempatan itu, Tim Panja Revitalisasi Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Kesempatan Kerja Komisi IX DPR, yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay memberikan apresiasi yang baik atas capaian hasil kinerja yang telah dilakukan oleh BBPLK Semarang.

“BLK Semarang yang kita kunjungi ini adalah BLK yang cukup bagus. Kita melihat mereka melakukan program-program yang luar biasa dan bisa melatih sekitar 3 ribu siswa dalam setahun. Alumni pelatihan di sini bisa langsung diterima di dunia usaha," ujarnya, usai memimpin pertemuan Panja dengan Gubernur Jawa Tengah, stakeholder terkait, serta para pengusaha yang tergabung dalam Apindo, di Semarang, Jateng, Jumat (17/5/2019).

Ia mengatakan, Tim Panja BLK Komisi IX DPR telah mendapatkan informasi dari kedua belah pihak, yakni Dinas Tenaga Kerja dan Apindo

Baca Juga: Ketua DPR Ajak Anak Yatim Berdoa bagi Bangsa Indonesia

“Apindo mengakui bahwa mereka memang menampung dengan senang hati alumni atau lulusan yang dilatih di BLK Semarang ini. Itu artinya, BLK ini mampu melahirkan pekerja yang sangat profesional yang memang dibutuhkan oleh dunia kerja," tandas politisi Fraksi PAN itu.

Hasil karya siswa-siswa di BLK Semarang ini memang luar biasa.

“Tarafnya bukan hanya nasional, tetapi sudah bertaraf internasional. Bahkan saya dengar BLK ini juga sudah mendapatkan tawaran-tawaran kerja sama dengan negara lain, seperti negara Timur Tengah, untuk memproduksi busana-busana Muslim. Kita doakan semoga bisa terjalin kerjasama, dengan begitu BLK ini akan semakin eksis," tutur Saleh.

Menurutnya, hal lain yang tak kalah penting adalah keberhasilan BLK ini, yang bisa ditularkan ke BLK di daerah lain.

“Kalau itu bisa terwujud, maka akan dapat menciptakan lapangan usaha yang begitu besar. BLK (yang berhasil) seperti ini di Indonesia, jumlahnya (masih) tidak banyak, hanya ada sekitar 21 BLK yang tersebar di beberapa daerah. Hal ini akan menjadi rekomendasi dari Komisi IX DPR RI kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan, agar menjadi fokus perhatian mereka," ujarnya.

Baca Juga: Damayanti : Tugas dan Fungsi Bamus DPR Dapat Diadopsi DPRD

Saleh juga menyampaikan, kendala yang masih dihadapi saat ini utamanya dari sisi anggaran. Anggaran Kementerian Ketenagakerjaan masih sangat terbatas untuk melaksanakan revitalisasi seperti ini.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI